Intel Boyong Tiger Lake Seri H ke Indonesia

Intel Boyong Tiger Lake Seri H ke Indonesia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 16 Jul 2021 14:14 WIB
Intel Tiger Lake H
Foto: Dok. Intel
Jakarta -

Setelah dirilis secara global pada pertengahan Mei lalu, kini Intel Core generasi ke-11 seri H (Tiger Lake-H) diboyong ke Indonesia.

Di Indonesia, prosesor Tiger Lake-H tersebut akan hadir lewat lebih dari 20 desain laptop dari berbagai pabrikan, seperti Acer, Asus, HP, Lenovo, dan MSI, dan lebih banyak varian lain yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan.

"Untuk memenuhi kebutuhan anda saat bermain game maupun streaming, membuat konten, atau melakukan multi-tasking pada berbagai aplikasi, prosesor Intel Core Seri H Generasi ke-11 menghadirkan performa andal yang anda butuhkan," ujar Santhosh Viswanathan, VP Sales, Marketing and Communications Group, and Managing Director Asia Pacific Japan Territory, Intel Corporation dalam acara virtual, Jumat (16/7/2021).

"Khusus untuk laptop yang ditenagai Intel Core H45 Tiger Lake-H Generasi ke-11 yang kami perkenalkan hari ini, kami hadirkan perangkat-perangkat yang telah dinanti-nantikan oleh para penggemar game dan content creator di Indonesia," tambahnya.

Berikut ini adalah beberapa laptop baru yang menggunakan prosesor Tiger Lake-H, dengan harga mulai dari Rp 14 juta.

  • Acer
    Predator Triton 500 SE
    New Predator Helios 500
    New Predator Helios 300
    New Nitro 5
  • Asus
    ROG Zephyrus M16
    ROF Zephyrus M17
    TUF Gaming F15
    TUF Dash F15
  • HP
    Omen Laptop 16
    Victus by HP Laptop 16
    HP Pav Gaming 15
  • Lenovo
    Gaming 3i
    Legion 5i
    Legion 5i Pro
    Legion 7i
  • MSI
    Katana GF 76/66
    GP 66 Leopard
    Pulse GL 76/66
    GS 76/66 Stealth
    GE 76/66 Raider

Tiger Lake-H ini adalah prosesor yang dibuat menggunakan proses SuperFin 10nm, dengan jumlah core hingga 8 dengan 16 thread. Kinerja turbo single dan dual core-nya sampai dengan 5GHz.

Prosesor ini bisa mengakses memori GDDR6 yang terpasang di kartu grafis, alhasil framerate yang dihasilkan bisa lebih tinggi dengan latensi yang lebih rendah. Bandwidth total PCIe ke CPU dijanjikan meningkat 2,5 lebih besar dibanding prosesor seri H generasi ke-10.

Ada 10 seri prosesor Tiger Lake-H, 10 lima di antaranya adalah prosesor kelas consumer dan lima sisanya adalah prosesor kelas komersial. Masing-masing terdiri dari tiga prosesor delapan core dan dua prosesor enam core.

Semuanya pun punya thermal design power (TDP) 35W, kecuali Core i9-11980HK yang punya TDP 65W. Semuanya itu bakal dipakai di 30 laptop ultra portabel dan 80 workstation yang bakal dirilis dalam waktu dekat.

Jajaran prosesor baru ini mendukung PCIe dengan 44 lane, Thunderbolt 4 dengan bandwidth 40Gbps, Intel Killer WiFi 6E (Gig+), Optane H20, dan Intel Turbo Boost Max Technology 3.0 sampai dengan 5.0GHz.

Versi komersial juga mendukung platform Intel vPro, termasuk sejumlah fitur keamanan dan manajemen khusus, seperti Hardware Shield. Soal performa, Core i9-11950H menurut Intel 29% lebih kencang dibanding pendahulunya dalam pengembangan produk, 12% lebih kencang dalam pekerjaan layanan finansial, dan 29% lebih kencang dalam pekerjaan media dan hiburan.



Simak Video "Prosesor Cepat dan Tepat Buat di Rumah Aja"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)