Tidak Suka Windows 11 Masih Bisa Balik ke Windows 10, Tapi...

Tidak Suka Windows 11 Masih Bisa Balik ke Windows 10, Tapi...

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 12 Jul 2021 17:14 WIB
Windows 11
Tidak Suka Windows 11 Masih Bisa Balik ke Windows 10, Tapi... Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Microsoft sudah mulai menggulirkan update Windows 11 untuk anggota Insider. Kalau ada pengguna yang sudah memperbarui perangkatnya ke Windows 11 tapi tidak suka dengan tampilannya, Microsoft membolehkan pengguna untuk kembali ke Windows 10, tapi dengan syarat.

Dalam FAQ Windows 11 yang diberikan Microsoft kepada produsen PC, terungkap bahwa pengguna bisa kembali ke Windows 10 dalam waktu 10 hari setelah memperbarui perangkatnya ke Windows 11.

Semua data yang tersimpan dalam komputer akan dikembalikan seperti semula di Windows 10, jadi kalian tidak perlu khawatir kehilangan aplikasi atau data yang ada.

Karena saat ini Windows 11 masih dalam versi beta, bukan versi final, beberapa pengguna pasti mengalami masalah dengan performa atau mungkin hanya tidak suka dengan tampilannya. Tapi kalau ingin kembali ke Windows 10 harus bergerak cepat sebelum tenggat waktu 10 harinya berakhir.

Untuk mengembalikan sistem operasi komputer dari Windows 11 ke Windows 10 caranya cukup mudah. Buka menu Start, lalu pilih Settings > Windows Update > Advanced Options > Recovery > Previous version of Windows.

Microsoft mengatakan tenggat waktu 10 hari ini berlaku untuk Windows 11 versi beta dan versi final. "Aturan 10 hari berlaku pada beta saat ini. Kami akan membagikan lebih banyak informasi tentang versi final dalam waktu dekat," kata perwakilan Microsoft, seperti dikutip dari Cnet, Senin (12/7/2021).

Kalau sudah melewati batas waktu 10 hari yang ditetapkan Microsoft, kalian tetap bisa kembali ke Windows 10 tapi caranya sedikit lebih rumit dibandingkan cara di atas.

Kalian harus mencadangkan semua data dan melakukan 'clean install' Windows 10 di perangkat. Atau kalau kalian sudah mencadangkan sistem Windows 10 sebelum menginstal Windows 11, kalian bisa memulihkan data yang ada di backup tersebut.

Windows 11 versi final akan digulirkan untuk semua pengguna menjelang musim liburan akhir tahun. Sistem operasi ini membawa banyak perubahan baru, termasuk tampilan yang lebih modern dan peningkatan kinerja.

Tapi kalau kalian tidak tertarik dengan Windows 11 dan masih ingin menggunakan Windows 11 jangan khawatir. Microsoft masih akan memberikan dukungan untuk Windows 10 sampai Oktober 2025.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)