Nokia Bantah Akan Pakai HarmonyOS untuk Ponselnya

Nokia Bantah Akan Pakai HarmonyOS untuk Ponselnya

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 02 Jul 2021 21:41 WIB
Nokia X60
Nokia Bantah Akan Pakai HarmonyOS untuk Ponselnya Foto: Huawei
Jakarta -

Nokia dikabarkan akan meluncurkan ponsel flagship yang menggunakan sistem operasi HarmonyOS milik Huawei. Kabar tersebut langsung ditepis oleh Nokia dan Huawei.

Rumor ini awalnya datang dari The Paper, media asal Taiwan, yang mengatakan bahwa Nokia akan meluncurkan X60 series yang menggunakan HarmonyOS. Tidak lama kemudian, Nokia membantah rumor tersebut dan mengatakan mereka berkomitmen menawarkan Android untuk pengguna.

"Komitmen kami untuk menyediakan pengalaman Android terbaik akan tetap teguh," kata Nokia seperti dikutip dari Gizmochina, Jumat (2/7/2021).

Bantahan yang sama juga diutarakan oleh Huawei. Dalam keterangan resminya kepada media China Global Times, Huawei mengatakan rumor tentang ponsel Nokia menggunakan HarmonyOS adalah salah.

Seperti yang dikabarkan sebelumnya, Nokia disebut akan meluncurkan dua ponsel yang menggunakan HarmonyOS yaitu X60 dan X60 Pro. Keduanya akan menjadi perangkat non-Huawei pertama yang menggunakan sistem operasi tersebut.

Kabarnya merek yang dipegang HMD Global ini mengadopsi HarmonyOS untuk memperbesar pangsanya di pasar China. Kemungkinan Nokia X60 series yang menggunakan HarmonyOS hanya yang ditujukan untuk pasar China.

Laporan dari Taiwan itu juga mengungkap bocoran spesifikasi X60 series. Apapun sistem operasi yang dipakai, ponsel ini sepertinya dirancang menjadi ponsel flagship Nokia untuk tahun 2021.

Nokia X60 series diklaim akan mengusung layar melengkung berspesifikasi tinggi dengan adaptive refresh rate hingga 144 Hz. Ponsel ini juga dikabarkan akan memiliki kamera 200 MP dan baterai 6.000 mAh.



Simak Video "6 Ponsel Nokia Terbaru dengan Harga Mulai Rp 1,3 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)