Windows Phone Jadul Ini Bisa Jalankan Windows 11

Windows Phone Jadul Ini Bisa Jalankan Windows 11

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 02 Jul 2021 11:50 WIB
Windows 11
Windows Phone Jadul Ini Bisa Jalankan Windows 11 Foto: dok Microsoft
Jakarta -

Microsoft sudah merilis preview build Windows 11 untuk anggota Windows Insider Program. Untuk mengunduh update ini, pengguna membutuhkan PC yang menjalankan Windows 10, tapi beberapa pengguna yang kreatif bisa menjalankan Windows 11 di ponsel Windows Phone jadul.

Seorang mahasiswa teknik bernama Gustavo Monce mengunggah video yang memperlihatkan bagaimana Windows 11 bisa dijalankan di Lumia 950 XL, salah satu perangkat pertama yang menggunakan sistem operasi Windows 10 Mobile.

Rupanya, mengoprek Windows Phone untuk menjalankan Windows versi penuh sudah menjadi hobi bagi Monce sejak lima tahun yang lalu. Ia menggaet temannya, Bingxing Wang, untuk mewujudkan ide ini.

"Semuanya dimulai lima tahun yang lal, ketika Windows 10 Mobile sudah hampir usang," kata Monce, seperti dikutip dari The Verge, Jumat (2/7/2021).

"Seiring berjalannya waktu dan kami mulai membicarakannya, kelompok diskusi terbentuk dan kemudian kami memiliki komunitas orang-orang yang tertarik menjalankan Windows 10 penuh di Lumia 950. Kami sekarang adalah tim yang terdiri dari sekitar 15 orang, dan kami telah membuat banyak kemajuan," sambungnya.

Dari video yang diunggah Monce di YouTube, Windows 11 terlihat bisa berjalan dengan cukup baik di layar Lumia 950 XL. Antarmuka dan fitur di Windows 11 bisa ditampilkan, termasuk taskbar baru, menu Start baru, bahkan Snap layout.

Tentu saja performanya tidak sekencang seperti saat dijalankan di PC, dan animasinya terlihat sangat lambat. Tapi setidaknya Monce mampu menjalankan Windows 11 di ponsel yang sudah uzur.

[Gambas:Youtube]

Untuk memboyong Windows 11 ke Windows Phone, Monse dan timnya mem-porting dan melakukan reverse engineering driver yang ada. Karena sebelumnya telah mengerjakan Windows 10 dan Windows 10X untuk Lumia, pekerjaan mereka jadi lebih dimudahkan.

Monce dan timnya juga membuat situs khusus untuk proyek mereka yang berisi tools, panduan dan dokumentasi untuk membawa Windows 10 dan Windows 11 ke ponsel Windows Phone jadul.

Ada beberapa fitur ponsel yang tidak bisa berfungsi secara normal setelah ponsel dipasangi Windows 11, seperti kamera, SMS dan baterai yang boros. Tapi proyek ini memang ditujukan untuk engineer dan developer yang tertarik untuk bermain-main dengan perangkat yang telah ditinggalkan oleh Microsoft.



Simak Video "11 Fitur Baru Windows 11 yang Dirilis Besok"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)