Bikin Kangen! 9 Gadget Jadul Ini Pernah Jaya di Eranya

Bikin Kangen! 9 Gadget Jadul Ini Pernah Jaya di Eranya

Sponsored - detikInet
Rabu, 30 Jun 2021 17:10 WIB
Ilustrasi
Foto: Dok. Shutterstock
Jakarta -

Anda para generasi milenial tentu tak banyak yang tahu jika dulu sebelum ada smartphone yang fungsinya sangat banyak, ada beberapa alat atau gadget yang pada masanya dianggap memiliki teknologi canggih. Karena kecanggihan dan fungsinya tersebut, gadget-gadget ini booming dan selalu ingin dimiliki oleh orang-orang agar 'tidak ketinggalan zaman'.

Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kini berbagai peralatan elektronik sudah tergolong canggih dan membuat gadget-gadget tadi terlihat kurang menarik dan jadul. Mau tahu apa saja gadget yang pernah booming dan berjaya tersebut? Berikut uraiannya.

1. Discman

Layaknya anak muda sekarang yang gemar musik, anak muda zaman dulu pun begitu. Dulu salah satu alatnya bernama Discman atau sebuah disk player portable. Anak-anak gaul zaman dulu menentengnya kemana pun mereka pergi.

Discman ini sebenarnya merupakan merupakan merek dagang disk player SONY. Akan tetapi pada akhirnya, apa pun mereknya, disebut sebagai Discman. Oh ya, Discman ini menggunakan baterai. Jadi Setiap kali baterainya habis, maka harus diganti dengan baterai yang baru.

2. Walkman

Walkman adalah sebuah gadget untuk memutar musik yang ada di kaset pita. Di kalangan anak muda zaman dulu, walkman lebih populer dibandingkan Discman. Hal ini terbukti dengan suksesnya Aquarius sebagai salah satu penyedia kaset musik original di Indonesia. Sama seperti Discman, Walkman juga banyak ditenteng anak muda ke mana pun mereka pergi.

Dan seperti juga Discman, Walkman ini sebenarnya merupakan nama dagang produk Sony. Tapi akhirnya, semua merk dipanggil dengan nama Walkman.

3. USB MP3 Player

Maju sedikit dari Discman dan Walkman, ada USB MP3 Player. Bentuknya persis seperti flashdisk yang kita kenal sekarang. Namun ada bagian layar LCD kecil dimana Anda bisa mengatur warnanya.

Untuk mendengarkan musik yang ada di dalamnya, yang bentuknya dalam format ekstensi MP3, kita harus menggunakan earphone. Dan kebanyakan, USB MP3 Player ini digunakan di mobil. Di dalamnya bisa tersimpan ratusan lagu.

4. Gamewatch atau Gimbot

Gadget yang satu ini mungkin bisa disebut sebagai gadget game yang portable. Meski namanya terdengar 'wah', sebenarnya dia menggunakan teknologi yang sangat sederhana.

Hanya memuat layar LCD dan juga tombol perintah. Tombol-tombol ini mampu mengubah serta menggerakkan karakter gambar yang ada di layar. Sedangkan gambarnya itu masih menggunakan teknologi 8 Bit.

Jenis game pada game watch atau gimbot ini lumayan banyak. Dari game Tetris, balap mobil, perang-perangan, dan yang lainnya. Tapi tiap unitnya hanya bisa memainkan satu jenis saja. Jadi untuk bisa main berbagai macam jenis game, ya harus punya unit yang banyak juga. Game watch atau gimbot ini dulu banyak digemari. Terutama oleh anak-anak.

5. Pager

Dulu sebelum ada ponsel, orang-orang banyak berkomunikasi dengan menggunakan pager. Pager ini fungsinya persis seperti handphone saat ini, namun hanya dalam hal mengirim pesan singkat saja.

Tapi uniknya, pesan ini kita kirimkan kepada orang lain dengan menggunakan jasa pihak lain terlebih dahulu, yakni operator. Barulah nanti, operator akan meneruskan pesan tersebut ke pager orang yang kita tuju.

Pager bentuknya persegi dan sangat kecil. Walaupun hanya menggunakan teknologi yang terlihat sederhana, pager ini dulu merupakan barang bergengsi. Tak semua orang memilikinya. Hanya orang kaya yang mampu membelinya.

6. Tamagotchi

Tamagotchi merupakan sebuah benda kecil yang menyajikan game. Dengan aneka warna dan jenis game virtual, tamagotchi pernah hits pada zamannya. Banyak yang memfavoritkannya. Dan lagi-lagi, tak semua orang memilikinya. Hanya orang berduit saja yang memiliki tamagotchi.

Game-nya sendiri itu semacam memelihara makhluk virtual. Misalnya kucing atau ikan. Nah yang memiliki gadget ini harus merawat setiap hari. Dari mulai makan, minum, mandi, hingga menidurkannya.

7. MP4 Player

Setelah USB MP3 Player, datanglah MP4 Player. Selain bisa digunakan untuk memutar lagu, gadget ini juga bisa untuk memutar video. Alat ini sebenarnya merupakan sebuah alternatif pemutar video yang murah. Sebab meski saat itu perangkat mobile pemutar video sudah ada namun harganya mahal. Jadilah alat ini sebagai 'pelariannya'.

8. Boombox

Yang gemar musik dan dance, terutama breakdance, pasti tahu alat ini. Boombox biasanya dibawa anak-anak muda ke pusat keramaian kota. Dengan menggunakan kaset lagu favorit, mereka memutarnya menggunakan Boombox dan lalu nge-dance. Meskipun ukurannya besar, Boombox banyak ditenteng di pundak.

9. Handphone Nokia

Ini merupakan gadget jadul yang menjadi cikal bakal munculnya smartphone yang ada di zaman sekarang. Gadget ini pernah sangat ngehits di mana-mana. Hampir semua orang mempunyainya. Karenanya tak heran jika handphone Nokia disebut sebagai HP sejuta umat.

Tapi jangan salah, meski sudah disebut handphone, merek Nokia ini belum secanggih smartphone. Dia hanya bisa digunakan untuk mengirimkan SMS dan MMS dan juga menelepon. Ada sih fitur game, tapi itu pun hanya game sederhana, semacam game Snake atau Space Impact. Nokia 5110 serta Nokia 3315 merupakan jenis yang jadi primadona pada saat itu.

Itu tadi 9 gadget yang dulu pernah populer dan booming. Beberapa di antaranya masih bisa kita lihat saat ini walaupun sudah tidak berfungsi lagi. Tapi jika Anda penasaran, di marketplace seperti Blibli masih ada beberapa gadget seperti MP3 player maupun MP3 converter yang bisa dibeli atau dikoleksi.

Adanya gadget-gadget jadul ini tentu membuat Anda menyadari. Teknologi dari waktu ke waktu itu mengalami mengalami perubahan. Tak ada satu pun teknologi yang statis. Dan tentu, perubahannya menuju ke arah yang semakin canggih. Jadi secanggih apapun gadget yang sekarang ada, pada akhirnya akan menjadi jadul. Kira-kira teknologi smartphone dan alat elektronik di masa depan akan bagaimana? Kita lihat saja!

(Content Promotion/Feritekno)