Fitur-fitur yang Hilang di Windows 11

Fitur-fitur yang Hilang di Windows 11

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 27 Jun 2021 22:07 WIB
Jakarta -

Windows 11 yang baru diluncurkan membawa banyak fitur baru. Seiring dengan hal tersebut, ada juga kabar buruk sejumlah fitur dan aplikasi ikonik yang dihilangkan dari sistem operasi buatan Microsoft ini.

Salah satu aplikasi yang dihilangkan adalah Internet Explorer. Browser legendaris yang sudah menjadi bagian dari Windows sejak tahun 1997 ini tidak bisa ditemukan lagi di Windows 11. Dan, Windows 10 adalah browser terakhir yang terdapat Internet Explorer.

"Aplikasi desktop Internet Explorer 11 tidak akan tersedia di Windows 11. Microsoft Edge adalah browser default untuk Windows 11," kata juru bicara Microsoft, seperti dikutip dari The Verge, Minggu (27/6/2021).

Hal ini sebenarnya tidak mengejutkan, pasalnya Microsoft memang akan mematikan Internet Explorer pada 15 Juni 2022. Saat Windows 11 versi tidak resmi bocor di internet juga tidak terlihat penampakan Internet Explorer di dalamnya.

Begitu Windows 11 diluncurkan untuk publik pada musim liburan mendatang browser default yang tersedia hanya Microsoft Edge. Jika menggunakan jalan pintas seperti iexplore, pengguna juga akan diarahkan ke Microsoft Edge.

Pengguna Windows yang masih membutuhkan Internet Explorer untuk aplikasi web lawas bisa menggunakan fitur IE Mode di Microsoft Edge yang akan membuka situs web di mesin rendering yang sesuai agar berfungsi dengan benar.

Ini pertama kalinya Microsoft tidak menyertakan Internet Explorer ke dalam Windows selama lebih dari 20 tahun. Browser ini pertama kali dirilis tahun 1995, tapi baru dibundel bersama Windows pada tahun 1997 bersamaan dengan diluncurkannya Windows 95 OEM Service Release 2.5.

Selain Internet Explorer, Microsoft juga akan menghilangkan dan meminggirkan beberapa fitur dan aplikasi. Seperti asisten pintar Cortana yang akan dihilangkan dari taskbar dan tidak akan lagi memandu pengguna saat pertama kali mengaktifkan perangkatnya.

Aplikasi konferensi video Skype juga kini dihilangkan dan harus diunduh terlebih dari dari Microsoft Store. Aplikasi OneNote, Paint 3D dan 3D Viewer juga tidak menjadi bagian dari Windows 11 saat pertama kali diinstal.

(vmp/agt)