Google Error di Android, Inikah Penyebabnya?

Google Error di Android, Inikah Penyebabnya?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 22 Jun 2021 14:40 WIB
FILE PHOTO: A 3D printed Android mascot Bugdroid is seen in front of a Google logo in this illustration taken July 9, 2017. Picture taken July 9, 2017.  REUTERS/Dado Ruvic/Illustration - RC1B112FBA80/File Photo
Foto: Dado Ruvic/Reuters
Jakarta -

Pengguna Android mengeluhkan layanan Google yang error di HP-nya, Google memang belum mengeluarkan pernyataan mengenai masalah ini. Namun beberapa waktu lalu pernah terjadi kejadian serupa.

Kejadian yang dimaksud terjadi pada Maret lalu, di mana sejumlah aplikasi Android mengalami crash. Penyebab terjadinya masalah itu adalah Android System WebView, yang tugasnya adalah membuat aplikasi Android bisa menampilkan konten dari situs.

Masalah tersebut kini tentu sudah diperbaiki oleh Google, yaitu dengan pembaruan Android System WebView versi 89.0.4389 dan juga pembaruan di Chrome versi terbaru.

Masalah yang terjadi pada akhir Maret tersebut terjadi selama setidaknya tujuh jam. Saat itu Google mengakui adanya masalah di WebView-nya. Sejumlah pengguna pun mengaku bisa mengatasi masalah tersebut dengan meng-uninstall pembaruan terakhir untuk WebView.

Nah, langkah ini juga kini tampaknya bisa dipakai untuk mengatasi masalah 'Google terus berhenti' atau 'Google keeps stopping' yang tengah terjadi. Salah satu yang menyatakan cara ini adalah Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia lewat akun Twitternya.

"Untuk saat ini anda bisa mengatasi masalah ini dengan menghapus update Google," tulis Alvin di akunnya.

Ia pun menyarankan untuk tak memperbarui aplikasi Google untuk sementara waktu jika memang belum terlanjur melakukan pembaruan.



'Google terus berhenti' atau 'Google keeps stopping' dilaporkan berulangkali muncul di ponsel pengguna. "Banyak pengguna Android mendapatkan pesan Google berhenti bekerja atau ada pop upnya di ponsel," sebut seorang netizen.

"Android kenapa hari ini wey. Tumbang kah? Email pun jadi error dibuatnya," tulis netizen asal Indonesia. "Ini google siapa yang ngeHack dah, dari tadi muncul ginian" sebut yang lain sembari memajang screenshot pesan Google error tersebut.



Simak Video "Deretan Ponsel yang Bisa Install Android 12"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)