Deretan Fitur Jagoan Xiaomi Mi 11 Ultra

Deretan Fitur Jagoan Xiaomi Mi 11 Ultra

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 21 Jun 2021 15:00 WIB
Xiaomi Mi 11 Ultra
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Mi 11 Ultra adalah HP termahal Xiaomi di Indonesia saat ini, harganya mencapai Rp 17 juta layaknya HP flagship premium lain. Memang ada sih fitur jagoan Mi 11 Ultra?

Xiaomi menyebut Mi 11 Ultra punya banyak hal baru yang pertama dipakai di HP. Namun sayangnya, setok HP ini pun terbatas akibat kelangkaan komponen, terutama chip.

Penjualan Mi 11 Ultra dilakukan -- pada awalnya -- untuk Mi Fans terpilih. Jika ada sisa, barulah penjualannya dibuka secara umum.

"Kami berusaha semaksimal mungkin untuk membawa sejumlah unit Mi 11 Ultra. Mungkin tak akan memuaskan pasar, tapi kami sudah mencoba semaksimal mungkin," jelas Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia, dalam konferensi pers virtual sebelum peluncuran Mi 11 Lite dan Mi 11 Ultra, Selasa (15/6/2021).

Berikut ini adalah deretan fitur jagoan Mi 11 Ultra, yang membuatnya layak dibandrol dengan harga belasan juta rupiah.

DXOMark
Mi 11 Ultra adalah HP dengan skor DxOMark terbesar saat ini, dengan skor keseluruhan 143, lebih tinggi dari Mate 40 Pro+ dari Huawei yang skornya 139. Dalam ulasannya, DXOMark menyebut kekuatan utama Mi 11 Ultra ada pada sensornya yang besar.

Ukuran sensor Isocell GN2 yang dipakai adalah 1/1,12", jauh lebih besar dari sensor 1/1,32" yang dipakai di Mi 11 Ultra. Bahkan ukuran sensor ini hampir mendekati sensor yang dipakai di Sony RX100, kamera compact premium, yang seringkali didaulat jadi kamera compact terbaik.

Tak cuma kamera utama yang mendapat pujian. Kemampuan merekam video dan juga kemampuan kamera dengan lensa zoom-nya pun mendapat skor bagus di DXOMark. Soal perekaman video pun menurut mereka tak ada kelemahan yang berarti.

Kemampuan kamera, baterai, charger, dan lainnya di halaman berikutnya

Kamera
Sensor kamera utama Mi 11 Ultra seperti sudah ditulis di atas adalah Samsung Isocell GN2 50MP. Xiaomi mengklaim ini adalah HP bersensor kamera pro-grade dengan sensor terbesar.

Kamera utama ini ditemani dua kamera lain, yaitu ultrawide dan tele, dengan sensor Sony IMX586 48MP. Lalu kamera selfienya punya resolusi 20MP. Lensa telenya ini punya zoom maksimal (kombinasi digital dan optik) 120x. Video yang bisa direkam oleh ketiga kamera Mi 11 Ultra adalah 8K.

Kombinasi kamera kelas wahid ini disimpan dalam 'punuk' yang menonjol cukup besar pada bagian belakang HP. Ditemani layar OLED 1,1 inch yang dipasang secara vertikal di sebelahnya.

Xiaomi Mi 11 UltraXiaomi Mi 11 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Layar OLED ini punya bermacam fungsi, seperti menampilkan notifikasi dan juga bisa menampilkan gambar yang direkam dari kamera belakang. Penggunanya bisa selfie menggunakan kamera belakang dan menjadikan layar ini sebagai viewfinder.

Baterai dan charger
Mi 11 Ultra dibekali baterai yang terbilang besar, yaitu 5.000 mAh. Tak sembarang baterai yang dipakai di sini, Alvin menyebut baterainya ini memakai teknologi silicon oxide anode battery, yang menurutnya lazim dipakai di mobil elektrik.

Charger yang disertakan dalam paket penjualan juga tak main-main, daya maksimalnya adalah 67watt, yang bisa mengisi daya Mi 11 Ultra dari kosong sampai penuh dalam waktu 40 menit.

Oh ya, Mi 11 Ultra juga mendukung pengisian daya secara nirkabel dengan daya maksimal yang sama, yaitu 67watt.

Bodi keramik dan sertifikasi IP68
Bodi Mi 11 Ultra dibuat dari bahan keramik, yang membuatnya terasa mewah. Material keramik ini menurut Alvin membuat produksi Mi 11 Ultra membutuhkan waktu lebih lama dibanding HP dengan bahan lain.

Oh ya, Mi 11 Ultra juga punya sertifikasi IP68, alias tahan air dan debu. Tak banyak HP buatan Xiaomi yang punya sertifikasi ini.

"Jika anda memakai Mi 11 Ultra untuk memotret di kolam dan (HPnya) terjatuh ke dasar kolam, anda punya waktu 30 menit untuk mengambilnya dari dasar kolam," gurau Alvin saat peluncuran Mi 11 Ultra.

(asj/asj)