Ada Celah Keamanan, iPhone Jadul Wajib Update iOS 12.5.4

Ada Celah Keamanan, iPhone Jadul Wajib Update iOS 12.5.4

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 16 Jun 2021 08:15 WIB
iPhone 5s
Ada Celah Keamanan, iPhone Jadul Wajib Update iOS 12.5.4 Foto: istimewa
Jakarta -

Apple baru saja merilis update keamanan untuk iOS 12 yang sudah berusia tiga tahun. Pengguna iPhone jadul yang masih menggunakan sistem operasi ini diimbau untuk segera update untuk menambal tiga celah keamanan berbahaya.

Dikutip dari Gizmodo, Selasa (15/6/2021) update iOS 12.5.4 ditujukan untuk perangkat Apple lawas yaitu iPhone 5S, iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPad Air, iPad mini 2, iPad mini 3, dan iPod Touch 6th gen.

Berdasarkan catatan Apple, update ini memperbaiki dua celah keamanan di WebKit dan satu 'maliciously crafted certificate'. Ketiga celah bisa dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab untuk menjalankan arbitrary code execution.

Apple juga mengatakan dua celah WebKit ini telah dieksploitasi secara aktif, yang artinya dua celah ini telah dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggung jawab di ponsel pengguna. Celah yang ada di sertifikat juga sudah ditambal di iOS 14.6.

Jika perangkat kalian termasuk dalam daftar yang diwajibkan untuk update iOS 12.5.4, cara memperbaruinya mudah saja. Cukup masuk ke Settings, lalu pilih General dan pilih Software Update untuk download dan instal update.

Keputusan Apple untuk merilis update keamanan ini patut diacungi jempol mengingat usia iPhone, iPad dan iPod Touch di atas sudah lebih dari lima tahun. Perangkat paling baru di daftar itu adalah iPod Touch 6th gen yang diluncurkan tahun 2015.

Tapi jika Apple sampai repot-repot merilis update keamanan, sepertinya isu ini cukup parah sehingga pengguna diimbau untuk segera memperbarui sistem operasi di perangkatnya.

Walau usianya sudah uzur, perangkat-perangkat tersebut masih memiliki banyak pengguna setia. Berdasarkan data DeviceAtlas, setidaknya masih ada 5,3% pengguna iPhone yang memiliki iPhone 6 pada tahun 2020, 1,55% memiliki iPhone 5S, dan 1,42% memiliki iPhone 6 Plus.



Simak Video "Bocoran iPhone SE 3, Lini Produk Anyar Termurahnya Apple"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)