Ini Dia 5 Keunggulan Layar Super AMOLED

Ini Dia 5 Keunggulan Layar Super AMOLED

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 15 Jun 2021 14:43 WIB
Redmi Note 10S
Redmi Note 10S. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Belakangan ini semakin banyak pabrikan HP yang menggunakan layar Super AMOLED di HP buatannya, seperti yang dilakukan Xiaomi di jajaran Redmi Note 10-nya. Apa sih keunggulan panel dibanding panel lainnya?

Sebelumnya, panel jenis ini lazimnya dipakai di HP dengan harga mahal. Pasalnya memang layar ini menampilkan gambar yang lebih menawan (pada umumnya) dibanding jenis panel lain, seperti IPS. Keunggulannya apa lagi sih?

1. Layar yang Responsif
Teknologi layar Super AMOLED tidak memerlukan lapisan layar sentuh tambahan karena sudah terintegrasi dan menyatu di dalamnya. Kelebihan ini memungkinkan respon yang lebih cepat dan dapat juga ditingkatkan dengan adanya refresh rate yang lebih tinggi.

2. Kontras yang Tinggi
Layar Super AMOLED punya tingkat kontras yang lebih tinggi dibanding panel lainnya. Pasalnya pixel-nya bisa dimatikan secara individu, yang artinya saat menampilkan gambar hitam, warnanya akan benar-benar hitam pekat.

3. Hemat Daya
Panel Super AMOLED mengkonsumsi daya yang lebih rendah karena tidak membutuhkan backlight tambahan. Setiap pixel-nya bisa menghasilkan cahaya sendiri, dan saat menampilkan warna hitam, berarti pixel-nya benar-benar mati. Alhasil pengguna mengaktifkan dark mode yang didominasi warna hitam, maka konsumsi daya akan lebih rendah ketimbang tidak menggunakan dark mode.

4. Warna yang Lebih Tajam
Layaknya panel OLED dan AMOLED, panel Super AMOLED bisa menampilkan pilihan warna yang lebih luas. Ditambah dengan kontras yang tinggi, maka gambar yang ditampilkan di panel ini pun akan lebih menawan.

5. Lebih Tipis
Tidak diperlukannya backlight di panel ini membuat panel layar Super AMOLED lebih tipis dibanding panel yang membutuhkan backlight, juga relatif lebih ringan. Hal ini membuat pabrikan ponsel bisa membenamkan sensor sidik jari di bawah layar dengan panel ini.



Simak Video "Mengenal Layar OLED yang akan Digunakan di iPhone 12"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)