Apple iCloud Plus Tawarkan Aneka Tambahan Fitur, Termasuk 'VPN'

WWDC 2021

Apple iCloud Plus Tawarkan Aneka Tambahan Fitur, Termasuk 'VPN'

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 15:20 WIB
WWDC 2021
WWDC 2021. Foto: dok Apple
Jakarta -

Apple memperbarui layanan iCloud menjadi iCloud Plus, yang berisi sejumlah fitur privasi dan keamanan baru termasuk 'VPN' bernama Private Relay.

VPN, atau virtual private network, yang diberi nama Private Relay itu bakal mengalihkan lalu lintas data internet dari iPhone melalui dua tempat. Tujuannya untuk menyembunyikan identitas pengguna, tepatnya identitas pengguna di internet.

Apple tentu tak mau menyebut fitur ini sebagai VPN, karena (menurut mereka) ini adalah fitur yang berbeda dibanding VPN tradisional. Bedanya adalah data ini dialihkan lewat dua tempat berbeda, bukan satu tempat seperti VPN pada umumnya.

Hal ini membuat data pengguna saat browsing tak bisa dilihat oleh siapapun, termasuk Apple, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (8/6/2021).

Lalu ada fitur untuk email bernama Hide My Email, di mana pengguna bisa membuat sebuah alamat email khusus untuk satu keperluan tertentu. Jadi lewat fitur ini, pengguna bisa meneruskan email dari sebuah layanan ke email utamanya.

Fitur ini bakal berguna jika pengguna mendaftar ke sebuah layanan menggunakan email namun tak ingin mendapat email spam dari layanan tersebut. Sebelumnya ada juga fitur sejenis lewat 'Sign In With Apple', yang membuat pengguna bisa mendaftar dengan menggunakan akun Apple-nya.

Dalam iCloud Plus juga ada storage unlimited untuk kamera keamanan yang kompatibel dengan HomeKit. Sebelumnya, pengguna perlu menyewa iCloud dengan storage paling tidak 200GB untuk bisa merekam video dari satu kamera, dan satu paket yang lebih mahal untuk kamera lebih banyak.

iCloud Plus ini menurut Apple bakal disertakan dalam paket langganan iCloud yang ada saat ini tanpa tambahan biaya. Namun Apple tak menyebutkan apakah fitur-fitur ini bakal tersedia di paket iCloud yang paling murah, yang saat ini tak mendukung storage video HomeKit.

Terakhir ada sebuah fitur yang ditambahkan ke iCloud, yaitu 'Digital Legacy', yang membuat pengguna bisa mengatur penerima 'warisan' akses ke akun iCloud-nya saat nanti penggunanya meninggal.



Simak Video "Fitur Baru 'Private Relay' Milik Apple Tak Akan Tersedia di China"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)