Asyik, Apple FaceTime Bisa 'Diakses' dari Android dan Windows

Asyik, Apple FaceTime Bisa 'Diakses' dari Android dan Windows

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 08 Jun 2021 09:45 WIB
Jakarta -

Salah satu pengumuman menarik dari Apple WWDC 2021 adalah 'kehadiran' FaceTime' di Android dan Windows.

Diberi tanda kutip karena FaceTime tak benar-benar hadir sepenuhnya di platform non Apple, melainkan pengguna Android dan Windows bisa mengakses 'ruangan' di FaceTime untuk melakukan video call dengan bersama dengan pengguna lain.

Ruangan tersebut bisa diakses dari link yang dibuat oleh pengguna FaceTime di iOS dan Mac. Fitur ini membuat FaceTime menjadi seperti semacam Zoom. Link FaceTime ini bisa diakses di Android dan Windows lewat browser.

Apple tak mengungkap detail mengenai tanggal peluncuran fitur ini, namun kemungkinan fiturnya akan dihadirkan bersamaan dengan pembaruan iOS 15 pada beberapa bulan mendatang, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (8/6/2021).

Fitur baru lain dari FaceTime antara lain adalah opsi grid view baru, fitur isolasi suara untuk meningkatkan kualitas suara, dukungan spatial audio, dan fitur untuk mem-blur background gambar dengan 'portrait mode'.

Lalu ada juga fitur besar lain bernama SharePlay, yang membolehkan pengguna untuk mengajak teman-temannya di FaceTime untuk menonton video atau mendengarkan musi bersama. Beberapa layanan yang mendukung fitur ini selain Apple Music dan Apple TV Plus antara lain adalah Disney+, Hulu, HBO Max, dan Twitch.

Dua pembaruan ini diberikan Apple karena menonton bersama secara virtual mulai populer sejak pandemi. Yaitu untuk menghindari kumpul-kumpul atau nongkrong secara fisik.

Pembaruan besar lain di iOS 15 adalah Focus, Live Text, di mana sistem bisa mengenai teks yang ada dalam gambar, fitur pencarian di Spotlight yang diperluas, serta beberapa peningkatan besar di bermacam fitur yang sudah ada, seperti Weather, Maps, Photos, dan Messages.

(asj/asj)