Menyulap Poco F3 Jadi HP Gaming - Halaman 2

Menyulap Poco F3 Jadi HP Gaming

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 27 Mei 2021 19:17 WIB
Poco F3
Poco F3. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Kipas pendingin

Poco F3 dengan Snapdragon 870 ini relatif tak panas dibanding Snapdragon 888 saat bermain game, bahkan di pengaturan yang sama. Namun game seperti Genshin Impact, di pengaturan tertinggi, memang akan memaksa HP untuk berlari sehingga HP manapun bakal terasa panas.

Untuk itulah, jika ingin bermain game seperti Genshin Impact di pengaturan tertinggi dalam waktu lama, memasang kipas pendingin adalah solusi yang bijak. Namun, kipas pendingin seperti apa yang cocok?

Ada dua jenis kipas yang kami coba, pertama adalah model peltier, yaitu menggunakan plat untuk mendinginkan HP, sementara kipasnya dipakai untuk mendinginkan lapisan sebaliknya.

Poco F3 GamingPoco F3 Gaming Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Pendingin model ini perlu selalu terhubung dengan listrik lewat port dayanya. Kami menjajal Flydigi WASP Wing 2 Pro untuk dipasangkan ke Poco F3. Pendingin ini, saat dipasang di Poco F3 tak terlalu optimal, karena sumber panas utama di HP ini ada pada bagian samping kamera.

Sementara pendinginnya tak bisa dipasang tepat di atasnya karena terganjal oleh modul kamera. Namun bukan berarti pendinginnya sama sekali tidak berefek, suhu HP tetap turun, namun tidak optimal.

Pendingin jenis peltier dari merk manapun sepertinya akan mengalami masalah yang sama di HP ini, atau pun di banyak HP lain. Karena memang biasanya SoC ditempatkan di bagian atas HP, yaitu di bagian samping kamera. Meski ada juga yang posisinya di bawah modul kamera.

Lalu, pendingin apa yang bakal lebih efektif? Menurut saya, ada satu jenis pendingin yang bakal efektif untuk mendinginkan Poco F3 saat bermain game. Yaitu kipas yang merangkap holder berbentuk gamepad.

Kenapa bakal efektif? Karena biasanya aksesoris semacam ini punya dua kipas, di bagian kiri dan kanan, dan salah satu kipasnya bakal tepat ada di bawah area yang paling panas pada HP.

Nah, kalau detikers, suka pakai aksesoris buat gaming, nggak? Atau lebih suka tampil polos tanpa aksesoris? Yuk, share di kolom komentar.

(asj/fay)