Qualcomm Rilis Prosesor Laptop Murah, Snapdragon 7c Gen 2

Qualcomm Rilis Prosesor Laptop Murah, Snapdragon 7c Gen 2

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 25 Mei 2021 21:11 WIB
Qualcomm Snapdragon Developer Kit
Foto: Dok. Qualcomm
Jakarta -

Qualcomm mengumumkan kehadiran Snapdragon 7c generasi kedua, yang didesain untuk laptop Windows dan Chromebook entry level, alias murah.

Perubahan terbesar dari Snapdragon 7c Gen 2 dibanding pendahulunya adalah peningkatan clock speed dari 2,4GHz menjadi 2,55GHz. Lalu chip ini pun tetap punya modem LTE terintegrasi, dan Qualcomm menjanjikan daya tahan baterai 'multi day'.

Perangkat pertama dengan chip ini dijadwalkan hadir pada musim panas 2021 ini. Salah satunya adalah Lenovo, yang menjanjikan merilis perangkat dengan Snapdragon 7c Gen 2.

Kehadiran Snapdragon 7c baru ini diharapkan bisa mengajak lebih banyak pembuat perangkat untuk menggunakan chip berbasis ARM tersebut. Pasalnya Snapdragon 7c generasi pertama hanya dipakai di beberapa varian Chromebook.

Selain itu, Snapdragon 7c ini juga diharapkan bisa menghadirkan perangkat laptop dengan harga yang relatif lebih murah ketimbang jajaran MacBook (Air maupun Pro), yang juga menggunakan chip berbasis ARM namun dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan kelas harga untuk perangkat dengan Snapdragon 7c Gen 2 ini.

"Snapdragon 7c Gen 2 menghadirkan inovasi terdepan dari portofolio komputasi kami ke perangkat entry-level dan perangkat dengan harga terjangkau pada generasi selanjutnya," kata Miguel Nunes, Senior Director, Product Management, Qualcomm Technologies, dalam keterangan yang diterima detikINET, Selasa (25/5/2021).

"Laptop yang didukung oleh platform ini akan mendefinisikan kembali mobile computing untuk pengguna di bidang pendidikan, pekerja garda depan, dan penggunaan ringan sehari-hari, memungkinkan perangkat yang andal dan kuat dengan teknologi AI yang canggih, dan mendukung daya baterai sampai beberapa hari," tambahnya.

Meski tergolong chip untuk perangkat entry level, bukan berarti kemampuannya pas-pasan. Chip ini diklaim punya performa sistem 10% lebih kencang dibanding sebagian besar platform lain, namun dengan daya tahan baterai mencapai penggunaan terus menerus selama 19 jam atau lebih.

Kemampuan kamera dan audionya pun ditingkatkan. Seperti menonton video 4K HDR, menggunakan kamera dengan resolusi sampai 32MP untuk konferensi video, sampai fitur peredam bising dan pembatalan gema.



Simak Video "Sederet Vendor Lokal Digaet Google untuk Produksi Laptop Chromebook"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)