Kapasitas Memori 64 GB di HP Makin Terasa Kurang bagi Pengguna

Kapasitas Memori 64 GB di HP Makin Terasa Kurang bagi Pengguna

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 03 Mei 2021 07:35 WIB
Bad News. Depressed Asian Girl Looking At Smartphone Screen At Home With Sad Face Expression, Sitting On Floor Near Couch, Closeup
HP 64 GB kini terasa kurang? Foto: Getty Images/iStockphoto/Prostock-Studio
Jakarta -

Kebutuhan akan rmemori internal yang lapang terus bertambah dalam beberapa tahun belakangan. Saat ini saja, kapasitas memori 64 GB di HP makin terasa kurang bagi pengguna.

Hal tersebut tertuang dalam riset Counterpoint yang belum lama ini dirilis. Disebutkan kalau HP dengan memori internal 128 GB kini menjadi standar baru.

Counterpoint turut mengungkap saat ini rata-rata pengguna menyimpan file sudah sangat besar di HP mereka. Pengguna Huawei misalnya, mereka menyimpan tidak kurang dari 150 GB data.

Sementara pengguna iPhone membutuhkan setidaknya ruang penyimpanan 141 GB untuk menyimpan file mereka. Sementara pengguna Samsung rata-rata membutuhkan ruang 95 GB.

Karena kondisi tersebut banyak konsumen membeli versi teratas, termasuk HP premium seperti iPhone. Alasannya karena menyediakan ruang penyimpanan lebih banyak.

Rata-rata penyompanan file di HP. Foto: Counterpoint

"Antara 2019 dan 2020, hampir setengah dari semua HP Huawei dan Apple yang dijual adalah versi 128GB dan 64GB. Selama periode yang sama, versi smartphone 128GB Huawei dan Apple mengalami pertumbuhan tahunan signifikan. Sedangkan versi 64GB mengalami penurunan," ujar Counterpoint.

Sebab itu ada rumor Apple dapat meluncurkan iPhone 13 dengan versi penyimpanan hingga 1TB. Meskipun ada kemungkinan bahwa opsi ini hanya akan tersedia pada model Pro Max, sementara versi iPhone 13 Pro paling tinggi 512GB.

Menurut Counterpoint, peningkatan penyimpanan semacam itu masuk akal bagi Apple dalam jangka panjang, terutama karena model iPhone 64GB sudah mulai terasa kurang kapasitasnya.

"Di sisi lain, iPhone 11, iPhone XR dan iPhone 11 Pro Max bersama-sama menyumbang hampir setengah dari pengiriman Apple antara 2019 dan 2020. Di antara model-model ini, versi 64GB menyumbang lebih dari setengah penjualan mereka. Sedangkan 5 smartphone terlaris Oppo berkontribusi hingga 30% dari pengapalan 2019-2020. Diantaranya, versi 32GB, 64GB dan 128GB mencakup hampir sepertiga dari semua smartphone yang dikirim ," kata Counterpoint seperti dilansir dari Softpedia.



Simak Video "Terekam CCTV! Pemuda di Polewali Mandar Curi HP di Sebuah Hotel"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)