MacOS 11.3 Dirilis, Apa yang Baru?

MacOS 11.3 Dirilis, Apa yang Baru?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 27 Apr 2021 13:53 WIB
macOS 11.3
macOS 11.3. Foto: Screenshot
Jakarta -

Selain merilis iOS 14.5, watchOS 7.4 dan iPadOS 14.5, Apple juga merilis pembaruan macOS 11.3. Apa saja yang baru di pembaruan sebesar 5,71 GB tersebut?

Pembaruan ini selain memberikan fitur baru juga menambal sebuah celah keamanan besar. Jadi bisa dibilang adalah sebuah pembaruan yang penting untuk pengguna perangkat Mac, terutama pengguna perangkat Mac M1.

Penambalan celah keamanan yang dimaksud adalah celah yang membuat malware bisa melewati proteksi yang terintegrasi di macOS, seperti File Quarantine dan GateKeeper.

Meski sistem anti malware yang ada di macOS masih bisa memblokir kehadiran malware, namun perusahaan software enterprise Jamf baru-baru ini menemukan bukti kalau ada celah keamanan yang bisa dieksploitasi oleh hacker.

Sementara penambahan fitur untuk pengguna Mac M1 adalah kemampuan untuk melakukan resize window aplikasi iPhone dan iPad yang dibuka di Mac M1. Tak cuma itu, Apple juga memberikan dukungan input keyboard, mouse, dan trackpad untuk game yang kompatibel dengan kontroler.

Aplikasi iPhone dan iPad juga bakal ditampilkan dengan resolusi tertingginya ketika dibuka pada mode full screen. Ada juga dukungan mode hibernation untuk Mac M1.

Aplikasi Music juga mendapat fitur autoplay, di mana Apple Music akan otomatis memutar lagu lain yang dianggap serupa saat lagu atau playlist yang sebelumnya diputar sudah habis.

Aplikasi News dan Podcast juga mendapat pembaruan yang membuatnya lebih mudah digunakan, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (27/4/2021).

Lalu ada juga beberapa fitur baru seperti kemampuan untuk mendeteksi AirTag menggunakan aplikasi Fund My, emoji dan suara Siri baru, dan dukungan untuk kontroler Xbox Series X/S dan juga PlayStation 5 DualSense.



Simak Video "Apple Perkenalkan AirTag, Perangkat Pesaing SmartTag Samsung"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)