Zyrex Rilis Duo Chromebook, Diklaim Cocok Buat Belajar Online

Zyrex Rilis Duo Chromebook, Diklaim Cocok Buat Belajar Online

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 13 Apr 2021 19:33 WIB
Logo Chromebook
Foto: PCWorld
Jakarta -

Setelah merilis laptop dengan prosesor Qualcomm Snapdragon, kini Zyrex merilis dua laptop baru berbasis Chromebook.

Menurut Direktur Utama Zyrexindo Mandiri Buana Timothy Siddik, dua Chromebook ini dirilis untuk keperluan belajar online pelajar di Indonesia. Dua tipe Chromebook itu adalah M432 dan 360.

Kedua Chromebook ini ditargetkan untuk para pelajar maupun pekerja kantoran yang masih belajar atau bekerja dari rumah.

Menurut Timothy, penggunaan Chromebook di kalangan pelajar saat ini sudah masif terjadi di banyak negara, seperti Amerika Serikat, Jepang, dan Australia. Ia pun menyebut Australia baru-baru ini memproduksi 1,2 juta Chromebook untuk warganya.

Indonesia sendiri menurutnya punya kesempatan memproduksi Chromebook untuk mememuni kebutuhan laptop warga Indonesia.

"Kepemilikan laptop di Indonesia masih rendah dan tertinggal dari negara lain. Misalnya Malaysia yang tingkat kepemilikan laptopnya sebesar 60%," ujar Timothy dalam jumpa pers virtual, Selasa (13/4/2021).

Zyrex ChromebookZyrex Chromebook Foto: Dok. Zyrex

Perbedaan utama antara Zyrex M432 dan 360 adalah kemampuan layar sentuh dan bisa diputar 360 derajat yang dimiliki oleh varian Zyrex 360. Kedua varian ini tentunya dilengkapi dengan webcam untuk keperluan konferensi video.

Sementara soal spesifikasi, kedua Chromebook ini terbilang mirip. Prosesornya adalah Intel N4020 dual core 2,8GHz dan Cache 4MB. sementara RAM-nya berkapasitas 4GB DDR4 dan storage eMMC 32GB dan grafis Intel UHD Graphic 600.

Zyrex ChromebookZyrex Chromebook Foto: Dok. Zyrex

Perbedaan layar sentuh dan kemampuan diputar 360 derajat ini membuat harga Zyrex 360 dan M432 terpaut Rp 1,5 juta. Zyrex 360 harganya adalah Rp 8 juta sementara M432 harganya Rp 6,5 juta. Keduanya dijual mulai Juni 2021 mendatang.



Simak Video "Sederet Vendor Lokal Digaet Google untuk Produksi Laptop Chromebook"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)