Tak Sekadar Jual Ponsel, OPPO Ikut Dukung Perkembangan eSports Indonesia

Tak Sekadar Jual Ponsel, OPPO Ikut Dukung Perkembangan eSports Indonesia

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 12 Apr 2021 16:18 WIB
OPPO Reno5 F
Foto: OPPO
Jakarta -

OPPO tidak sekadar menjual ponselnya di Indonesia. Lebih dari itu mereka berupaya mendukung perkembangan eSports di Tanah Air.

Komitmen tersebut disampaikan kembali oleh PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto kala jadi pembicara dalam ajang BNI Creativepreneur Conference 2021.

Pria berkacamata ini mengatakan saat ini OPPO memandang game tidak lagi dari satu sisi, yakni sebagai hiburan di waktu senggang. Mereka telah melihat game menjadi sebuah sesuatu yang lebih bernilai.

Karena itu sebagai brand internasional, OPPO telah mendukung sederet turnamen eSports kelas dunia. Salah satunya ada turnamen League of Legends, mereka jadi sponsor hingga 2024.

Di Indonesia, upaya OPPO mendukung eSports telah ditunjukkan dari 2017 silam. Kala itu mereka berkolaborasi dengan game Arena of Valor (AoV) besutan Garena.

"Kami melakukan tour ke banyak kota, seperti Jakarta, Batam, Medan, Makassar, Manado, Pontianak, Malang, Jogja, Surabaya dan Bandung. Tujuannya untuk memberitahu ada potensi dari gaming dan eSports," kata Aryo.

"Kami ingin tidak hanya orang umum saja yang ikutan eSports. Tapi konsumen OPPO coba ikutan main game, siapa tahu bisa melangkah ke jenjang profesional," imbuhnya.

Saat ini OPPO Indonesia menjadi sponsor perhelatan AOV Star League (ASL) 2021 Spring yang berlangsung mulai April hingga Mei 2021. Ini merupakan kolaborasi ketiga kali mereka dengan AoV setelah di tahun 2017 melakukan kolaborasi dengan perangkat OPPO F3 dan di penghujung tahun yang sama dengan perangkat OPPO F5.

ASL 2021 Spring sendiri merupakan liga turnamen AOV paling bergengsi yang diikuti oleh tim-tim terbaik Indonesia. Setiap tim akan bertanding tidak hanya untuk merebut gelar tim terbaik nasional, serta sebagian dari total hadiah 400 juta rupiah, namun juga untuk menjadi tim perwakilan Indonesia di turnamen internasional.

Ke depannya OPPO akan bekerjasama dengan publisher ataupun developer game untuk mendukung kegiatan eSports di Indonesia, baik berupa turnamen kecil maupun yang skalanya besar. Sebab ajang tersebut bisa dijadikan sarana latihan gamer karena menguji kemampuan guna menjadi lebih baik lagi.

"Semakin bayak kompetisi amatir maupun profesional dapat membantu pembibitan player muda. Sehingga akan lahir banyak pemain profesional kelas dunia dari Indonesia," pungkas Aryo.



Simak Video "Alasan OPPO Reno6 Indonesia Beda dengan Versi Global"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)