HP Rilis Laptop Spectre x360 14, Ini Fitur Unik dan Harganya

HP Rilis Laptop Spectre x360 14, Ini Fitur Unik dan Harganya

Angga Laraspati - detikInet
Kamis, 08 Apr 2021 18:00 WIB
HP Spectre X360 14
HP Spectre X360 14 (Foto: HP)
Jakarta -

HP baru saja merilis laptop terbarunya yaitu HP Spectre x360 14 yang dinilai membawa beberapa fitur kelas profesional. Jajaran baru dari series Spectre ini juga sudah menggunakan prosesor grafis Intel generasi ke 11.

Head of Personal System HP Indonesia Ricky Handrian mengatakan seri terbaru dari keluarga laptop Spectre ini tetap memfokuskan desain cantik dan juga versatile. Dalam seri terbarunya kali ini, HP membawa 3 hal baru yaitu performa, kecerdasan, dan juga desain.

"Performance kami menawarkan teknologi mutakhir terbaik untuk memberikan kebebasan berkreasi apa pun dan kapan pun. Kedua yang membedakan HP Spectre dengan laptop yang ada di pasaran adalah intelligence. Dan ketiga visual desain yang memukau dan menawarkan pengalaman visual yang luar biasa," ungkap Ricky dalam perilisan HP Specter x360 24 secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Ricky menjelaskan HP Spectre x360 yang merupakan laptop convertible ini telah tersertifikasi Intel EVO yang membuatnya memiliki performa yang mumpuni, desain yang lebih imersif, hingga koneksi yang lebih cepat.

Spectre x360 juga membawa beberapa fitur menarik yang pastinya dapat memanjakan usernya ketika menggunakan laptop convertible ini. Fitur pertama yaitu smart sense yang merupakan setting terbaru yang ada pada command center.

Fitur ini mampu untuk mengoptimalkan dan mengadaptasikan sistem sesuai kebutuhan user dengan mengoptimalkan performa, akustik hingga temperatur. Sehingga user tak perlu pusing lagi untuk memilih setting yang tepat untuk pemakaian laptop.

"Contohnya adalah ketika user membuka sebuah aplikasi yang membutuhkan CPU intensif. Spectre x360 14 akan mengoptimalkan performa dan temperatur. Sebaliknya, ketika user sedang menonton film Spectre x360 akan menurunkan noise pada fan sehingga user dapat dengan tenang menonton film," kata Ricky.

Tak hanya itu, fitur ini juga dapat dengan pintar mendeteksi posisi laptop entah itu ketika berada di atas meja atau berada di pangkuan. Ketika posisi laptop berada di atas meja, fitur ini akan mengoptimalkan performa dan sistem pendingin. Namun ketika laptop ada di pangkuan, maka fitur ini akan mengurangi temperatur sehingga tak terasa panas.

Berikutnya ada fitur Focus Mode yang merupakan fitur unik lainnya dari Spectre x360 14. Dengan fitur ini, laptop canggih ini mampu untuk memfokuskan aplikasi yang paling penting untuk user. Tentunya fitur ini akan membantu user yang multitasking dengan memfokuskan aplikasi yang paling penting pada background.

Di sisi lain untuk mendukung kegiatan virtual meeting selama masa pandemi, HP Spectre x360 14 dibekali dengan fitur intelligent noise cancellation. Dengan adanya fitur ini, background noise yang ada di sekeliling user, sehingga user dapat berbicara dan mendengarkan tanpa harus terganggu dengan suara dari luar.

Dari sisi performa, laptop anyar dari HP ini menggunakan Intel® Core™ i7 processor generasi ke 11 yang memberikan performa kelas profesional dan tak tertandingi. Prosesor ini memberikan peningkatan performa CPU 34% dan peningkatan kinerja GPU 79% dengan grafis Intel Iris Xe terintegrasi discreet-level dibanding pendahulunya.

Ditambah juga dengan RAM 16 GB LPDDR4-3200 SDRAM dan ROM hingga 2 TB membuat laptop ini makin punya performa yang ngebut. Ricky juga mengatakan dengan komputasi ini, laptop HP Specter x360 memiliki rendering yang akan lebih cepat, multitasking yang lebih mulus, dan playback yang bagus.

Di sisi muka, layar sentuh anti reflektif OLED 3K2K siap memanjakan mata dengan rasio aspek 3:2. Perangkat ini juga menawarkan tinggi layar vertikal lebih besar 20% dibanding PC dengan rasio 16:9. Ditambah lagi dengan rasio layar ke bodi hingga 90% dan kalibrasi warna hingga 100% membuat pandangan ke laptop terasa luas dan gambar yang dipancarkan terasa nyata.

Layar ini juga didukung oleh fitur adaptive color yang akan secara otomatis display color dan brightness yang mengikuti kondisi pencahayaan ruangan. Visual color pun akan menjadi lebih cool saat pagi hari dan warm pada malam hari.

HP juga membawa peningkatan dalam AI Enhancement 6x dari generasi terakhir yang dipadukan dengan Wi-Fi 6 AX201 agar user dapat menggunakan koneksi internet lebih cepat dan tanpa gangguan. Perangkat ini juga mendukung Thunderbolt 4 untuk pengiriman dan penerimaan sinyal cepat dokumen besar seperti video, foto, dan film dalam hitungan detik.

Soal baterai, laptop ini menyematkan baterai 4-cell, 66 Wh Li-ion polymer yang mampu memberikan daya tahan baterai selama 17 jam dan 11 jam 30 menit dalam mode layar OLED. Dari sisi desain, laptop ini didesain dengan ramping dan ringan. Dengan dimensi 29,84 cm x 22,04 cm x 1,70 cm, Laptop ini didesain hanya memiliki berat mulai dari 1,33 kg. Di pasaran, laptop ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 26.299.999.

(fhs/fay)