Nostalgia LG Prada, HP Layar Sentuh Pertama yang Kalahkan iPhone

Nostalgia LG Prada, HP Layar Sentuh Pertama yang Kalahkan iPhone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 06 Apr 2021 19:47 WIB
HP LG Ikonik
LG Prada, HP Layar Sentuh Pertama yang Kalahkan iPhone (Foto: GSM Arena)
Jakarta -

Matinya bisnis ponsel LG membuat banyak orang teringat akan produknya yang inovatif. Salah satunya LG KE850 Prada, ponsel layar sentuh pertama yang mengalahkan iPhone.

LG Prada pertama kali diumumkan pada 15 Desember 2006 dan pertama kali dijual pada Mei 2007. Sedangkan Apple mengumumkan iPhone original di event Macworld Expo pada 9 Januari 2007 sebelum dijual pada Juni 2007.

Sebelum kedua ponsel ini dikenalkan memang ponsel layar sentuh sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya. Tapi LG Prada menggunakan teknologi layar sentuh kapasitif yang bisa dioperasikan dengan sentuhan jari tanpa perlu bantuan stylus.

LG berkolaborasi dengan rumah mode Prada untuk merancang desain ponsel fashion ini. Ponsel ini bahkan dijual bersama case yang terbuat dari kulit, yang semakin menekankan statusnya sebagai item fashion.

Tanggal peluncuran yang sangat dekat dan desain yang hampir mirip tentu tidak luput dari perhatian. Head of LG Mobile Handset R&D Centre, Woo-Young Kwak bahkan menuding Apple meniru desain LG Prada.

"Kami menganggap bahwa Apple menyalin ponsel Prada setelah desainnya dipamerkan saat dipresentasikan di iF Design Award dan memenangkan penghargaan pada September 2006," kata Kwak, seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (6/4/2021).

LG PradaTampak belakang LG Prada Foto: LG Prada

LG Prada memiliki layar berukuran 3 inch dengan resolusi 320 x 480 pixel. Ponsel ini memiliki tiga tombol fisik di bagian depan untuk menerima dan menghentikan panggilan serta tombol back.

Ponsel ini bisa dioperasikan dengan sentuhan jari, bukan stylus seperti kebanyakan PocketPC yang menggunakan layar sentuh resistif. Meski bukan ponsel pintar, LG Prada bisa membuka aplikasi Opera Mini serta membuka dokumen Office dan PDF.

Spesifikasi lainnya terbilang cukup rendah untuk ponsel premium di masanya. Memori internalnya hanya 8MB, tapi bisa ditambah menggunakan microSD hingga 2GB.

LG Prada dilengkapi dengan kamera belakang dan flash LED. Kamera belakang ini bisa merekam video 400 x 240 pixel yang tidak terdengar mengesankan tapi bisa mengungguli iPhone original yang tidak memiliki fitur perekam video.

LG berhasil menjual satu juta unit LG Prada dalam 18 bulan. Jika dibandingkan dengan iPhone, LG Prada tentu kalah telak dari segi penjualan dan warisannya di dunia ponsel.



Simak Video "Mau Punya Teman yang Stylist dan Diandalkan? "
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)