Samsung dan Xiaomi Ngegas, Kok Vivo Malah Santuy?

Samsung dan Xiaomi Ngegas, Kok Vivo Malah Santuy?

Adi Fida Rahman - detikInet
Senin, 05 Apr 2021 18:30 WIB
Vivo X60 Pro
Vivo X60 Pro. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Di saat Samsung dan Xiaomi begitu ngegas merilis handphone (HP) barunya di kuartal pertama 2021, Vivo malah santuy di Indonesia. Bahkan baru April ini vendor ponsel yang sekarang berada di posisi pertama itu merilis perangkat anyarnya.

detikINET pun coba menanyakan kepada Vivo Indonesia kenapa mereka santai, beda dengan vendor lain yang sudah merilis 3 ponsel bahkan lebih di kuartal pertama tahun ini.

Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia, mengatakan setiap smartphone yang pihaknya keluarkan, persiapannya harus matang. Demikian pula penerimaan market dan resource yang mereka miliki.

"Vivo lebih pilih untuk melihat resource kami bagaimana sih. Resource ini tidak hanya produknya, market kami seperti apa, internal kami kayak gimana. Itu semua musti dianalisis dulu," ujar Edy.

"Kami nggak harus ngoyo, nggak harus buru-buru, santai aja," tekannya.

Dalam kesempatan ini, Edy sempat ditanya soal kinerja Vivo di kuartal keempat 2020. Mengacu pada laporan IDC, Vivo berada di posisi pertama di pasar ponsel Indonesia sepanjang Oktober hingga Desember.

Edy Kusuma, Senior Brand Director Vivo IndonesiaEdy Kusuma, Senior Brand Director Vivo Indonesia Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Pria berkacamata itu mengungkap ada rasa bangga atas laporan yang dirilis oleh perusahaan riset. Tapi euforia itu tidak lama, karena mereka sadar Vivo harus terus berinovasi agar perangkat-perangkatnya dapat terus diterima konsumen.

Dan dari banyak seri yang mereka rilis, semuanya berkontribusi pada penjualan Vivo. Tapi memang kelas mid-range yang paling besar, salah satunya Vivo V Series.

"Vivo V Series memberikan sumbangan begitu besar untuk smartphone kami menjadi nomor satu," kata Edy.

Kendati di 2021 baru satu jagoan yang dilahirkan, Vivo optimis tetap bisa mempertahankan posisinya. Menggunakan jurus yang mirip di 2020, mereka terus mengikuti prilaku konsumen sehingga perangkat yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan.

Itu pula kenapa mereka memilih Vivo X60 Series menjadi ponsel pertamanya di tahun ini.

"Berdasarkan riset kami, di kondisi pandemi orang-orang gemar melakukan hobinya. Adanya social distancing, membuat orang jaga jarak, missmoment ini perlu di-capture, artinya perlu desain kamera yang bagus itulah kenapa kami membawa Vivo X60 series," pungkas Edy.



Simak Video "Intip Sedikit Canggihnya Vivo X60 Series"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)