Pertarungan Sengit 3 Ponsel Gaming Terbaik

Rekomendasi HP Baru

Pertarungan Sengit 3 Ponsel Gaming Terbaik

Panji Saputro - detikInet
Minggu, 04 Apr 2021 08:07 WIB
Game Mobile Grafis Memukau
Pertarungan Sengit 3 Ponsel Gaming Terbaik (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Bermain game mobile menjadi lebih menyenangkan dan seru ketika menggunakan ponsel gaming. Pertarungan sengit pun terjadi dari tiga ponsel gaming terbaik saat ini.

Ketertarikan masyarakat yang besar terhadap game mobile, memaksa developer harus ikut beradaptasi dengan pergeseran minat yang ada. Tidak hanya itu saja, banyak sekali produsen handphone yang berupaya mengembangkan platform bagi gamer agar bisa mendapatkan pengalaman bermain game mobile yang luar biasa.

Setidaknya selama tahun 2021 sampai bulan April, tim detikINET sudah memberikan informasi terkait smartphone baru yang memang diperuntukkan untuk bermain game. Ponsel gaming seperti Asus ROG 5, Black Shark 4 dan Nubia Red Magic, merupakan smartphone baru dengan spesifikasi mengagumkan yang khusus dibuat produsen untuk gamer.

Untuk mempermudah detikers menentukan pilihan, tim detikINET akan memberikan sedikit informasi terkait spesifikasi ketiga ponsel gaming tersebut. Berikut komparasi dari tiga ponsel gaming terbaik yakni Asus ROG 5 vs Black Shark 4 vs Nubia Red Magic.

Asus ROG 5

Asus ROG Phone 5Asus ROG Phone 5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk membuktikan keganasannya, Asus ROG 5 menanamkan chipset ponsel Android terkencang saat ini yakni Snapdragon 888 dan GPU Adreno 660. Ponsel gaming ini juga didukung dengan RAM LPDDR5 dan memori internal UFS 3.1. Agar kinerjanya dapat meningkat saat bermain game, Asus ROG 5 menghadirkan X Mode yang telah ditingkat dari pendahulunya. Selain itu juga menawarkan varian RAM mulai dari 8 GB, 12 GB dan 16 GB.

Gamer juga dapat mengontrol CPU, GPU, thermal limit, refresh rate, touch sensitivity dan network, baik per game maupun aplikasi. Hal yang menjadi luar biasa yakni Asus ROG 5 telah menawarkan refresh rate 144Hz, response time ms, touch 300 Hz dan touch latency 24,3 ms. Besarnya refresh rate yang ditawarkan, dapat memberikan pengalaman bermain yang lebih memukau, karena dapat melibas proses bermain game dengan grafik 60fps atau ultra HD sekalipun.

Tidak lupa, dengan kehadiran panel AMOLED E4 besutan Samsung berukuran 6,78 inch Full HD+ pada layarnya. Daya baterai yang ditawarkan pun tak tanggung-tanggung hingga 6.000 mAh, dan kecepatan mengisi daya dengan fitur fast charging 65W serta power saving technology yang membuat baterai lebih awet. Untuk memaksimalkan gamer ketika bermain game, Asus juga menghadirkan beberapa aksesoris tambahan seperti Kunai 3 Gamepad, ROG Clip, Aero Case, Aeroactive Cooler 5, Lightning Armor Case, ROG Cetra II, ROG Strix GO BT II.

Black Shark 4

Black Shark 4Black Shark 4 Foto: Black Shark

Hadir bersama saudaranya varian 4 Pro, Black Shark 4 menyuguhkan layar AMOLED E4 besutan Samsung berukuran 6,67 inch. Refresh rate yang dimiliki oleh ponsel gaming ini menyerupai Asus ROG 5 yakni 144Hz. Sepertinya memang sudah menjadi standar bagi ponsel gaming saat ini memiliki refresh rate tersebut, mengingat banyak game mobile online yang memang menyediakan pengalaman bermain dengan grafik melebihi 30 fps.

Sementara untuk touch sampling ratenya mencapai 720 Hz dan multi-finger touch response time delay 8.3ms. Dilengkapi dengan fitur seperti Air Trigger milik ROG Phone, Black Shark 4 memiliki kelebihan lain yang mana bisa disembunyikan serta mengenali tekanan lembut atau kuat. Sementara RAM yang ditawarkan cukup besar hingga 12GB.

Bila membahas chipset, Black Shark 4 ditenagai oleh Snapdragon 870 dan GPU Adreno 650. Namun sayangnya, walaupun memiliki pengisian daya yang cepat 120W, untuk ukuran ponsel gaming, Black Shark 4 hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 4.500 mAh saja. Menariknya, ponsel ini dapat meningkatkan kecepatan pengisian daya dari 0 hingga 100% hanya dalam waktu 14 menit dan 50 detik.

Nubia Red Magic

Nubia Red Magic 6Nubia Red Magic 6 Foto: Nubia

Sebagai salah satu ponsel gaming terbaik, soal RAM Nubia Red Magic memiliki keunggulan dari kompetitor yang mencapai 18 GB bila memilih varian 6 pro. Sedangkan Nubia Red Magic 6 memiliki RAM sebesar 12 GB. Selain kapasitas RAM yang menjadi nilai lebih, bila berbicara refresh rate, ponsel ini menembus dan melampui kompetitornya.

Gamer bisa menikmati refresh rate hingga 165Hz yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888 dengan menjalankan sistem operasi Android 11 dan user interface Red Magic OS 4. Red Magic 6 memiliki layar seluas 6,8 inch FHD+ jenis Amoled. Kemudian ponsel ini juga ditanamkan kipas pendingin yang berputar 18.000 RPM di Red Magic 6 dan 20. RPM di veri Pro. Sehingga memberikan kenyamanan gamer bermain karena tidak perlu cemas dengan panas yang akan terjadi pada handphone ketika bermain game.

Baterai ponsel ini memiliki kapasitas 5.050 mAh yang mendukung fast charging 65W di Red Magic 6. Untuk pengisian daya sendiri, Red Magic 6 hanya membutuhkan waktu sekitar 38 menit saja.

Dari ketiga ponsel gaming terbaik tersebut, apa yang detikers pilih? Menurut kalian, mana yang paling unggul untuk memberikan pengalaman bermain game luar biasa?



Simak Video "Sempat Terkendala Izin, Akhir Juli Ponsel Gaming ROG Siap Dipasarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(hps/fay)