Mengenal Fitur Video Sinematik di Mi 11

Mengenal Fitur Video Sinematik di Mi 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 30 Mar 2021 13:11 WIB
Xiaomi Mi 11
Xiaomi Mi 11. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Salah satu aspek yang dijagokan Xiaomi di Mi 11 adalah kemampuan kameranya, terutama kemampuan perekaman video yang diklaim bisa menghasilkan efek sinematik layaknya sutradara andal.

Kamera belakang Mi 11 ada tiga, dengan kamera utama yang punya sensor 108 megapixel. Kamera utamanya ini punya lensa 7P yang punya teknologi 4in1 Super Pixel, untuk membantu menangkap lebih banyak cahaya saat dipakai memotret di kurang cahaya.

Lalu kamera ultrawidenya punya cakupan 123 derajat, dan punya lensa dengan bukaan f/2,4. Sementara kamera ketiganya adalah telemacro 5 megapixel, dengan titik fokus terdekat 3-10cm dari lensa.

Tak sekadar hardware kamera saja yang ditonjolkan, melainkan juga berbagai fitur dari segi software, yang bisa meningkatkan kualitas foto dan video yang dihasilkan hanya dengan satu sentuhan.

Menurut Xiaomi, efek-efek sinematik yang dihasilkan dari kamera Mi 11 biasanya baru bisa didapat dengan proses penyuntingan yang intens dan membutuhkan waktu cukup lama. Sementara lewat Mi 11, proses tersebut dipersingkat dan hanya membutuhkan satu sentuhan di layar.

Mi 11 Movie MagicMi 11 Movie Magic Foto: Dok. Xiaomi

Secara total ada enam efek sinematik yang bisa dibuat lewat Mi 11, yaitu magic zoom time freeze, parallel world, freeze frame, night time-lapse, dan slow shutter.

Magic zoom misalnya, mampu menghasilkan efek zoom ke obyek sementara latar belakang mengembang. Efek ini kerap disebut vertigo shot yang pertama kali dipergunakan dalam film 'Vertigo' besutan Alfred Hitchcock yang menunjukkan emosi dari aktor. Begitu pula time freeze yang memunculkan gabungan gambar bergerak dan gambar diam dalam satu frame.

Efek slow shutter memunculkan gambar dengan kecepatan rana rendah untuk menghasilkan gambar yang dramatis untuk menonjolkan sebuah detail dalam adegan. Efek freeze frame, menghasilkan efek kreatif yang bisa diunggah di media sosial dan mendulang pujian serta komentar kagum.

Mi 11 Movie MagicMi 11 Movie Magic Foto: Dok. Xiaomi

Tak cuma itu, ada juga berbagai pilihan filter video sinematik untuk menambah citarasa pada video yang dibuat. Contohnya grading warna, yang biasanya dilakukan pada tahap penyuntingan, di Mi 11 bisa dimunculkan dalam satu sentuhan saja.

Dalam grading warna ini antara lain ada filter Tango, yang akan menaikkan saturasi warna, kemudian filter Carmen yang cocok dipakai untuk video luar ruangan dengan cahaya melimpah, ataupun fitur Slumber yang cocok untuk membangun suasana yang dingin dan kaku.

Saat dipakai merekam video di kondisi kurang cahaya ada fitur Ultra Night Video, yang mengoptimalkan sisi hardware dan software untuk menghasilkan video yang tetap terang meski dalam kondisi gelap, tentunya dengan noise yang minim.

Dengan segala macam fitur itu, tak aneh kalau Xiaomi menyebut Mi 11 ini sebagai 'Movie Magic'.



Simak Video "Unboxing Mi 11, Smartphone Pertama dengan Snapdragon 888!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)