Apple Rilis iOS 14.4.2 dan 12.5.2 untuk Tambal Celah Keamanan

Apple Rilis iOS 14.4.2 dan 12.5.2 untuk Tambal Celah Keamanan

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 29 Mar 2021 13:00 WIB
Update iOS 14.4.2
Update iOS 14.4.2 (Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati)
Jakarta -

Apple merilis pembaruan iOS untuk iPhone, iPad, dan watchOS untuk Apple Watch. Rilis ini untuk menambal celah keamanan di sistem operasi tersebut.

Pembaruan tersebut adalah iOS 14.4.42 untuk iPhone dan iPad serta watchOS 7.3.3 untuk Apple Watch. Dalam pembaruan tersebut ada menambal celah keamanan WebKit, yang menurut Apple belakangan sering dieksploitasi.

Tak cuma iOS terbaru yang diperbarui, melainkan juga iOS 12, tepatnya 12.5.2 untuk iPhone 6, 5s, iPad Mini generasi ke-3, dan iPod Touch generasi ke-6, yang juga dirilis untuk menambal celah keamanannya.

Menurut Apple, ada celah di WebKit yang membuat situs nakal untuk mengaktifkan arbitrary cross-site scripting. Hal ini disadari oleh Apple, yang menyebut celah tersebut sering dieksploitasi.

Kehadiran pembaruan OS ini muncul sebelum perilisan pembaruan besar untuk iOS, yaitu iOS 14.5 yang saat ini masih berada dalam tahap beta untuk para developer. Perilisan iOS 14.5 ke publik tampaknya baru akan terjadi pada April mendatang.

Pada iOS 14.5 sendiri ada sejumlah penambahan fitur, salah satu yang belakangan sering dibicarakan adalah kemampuan untuk membuka kunci iPhone menggunakan Apple Watch, utamanya saat pengguna memakai masker di mana Face ID tak bisa berfungsi.

Lalu ada juga App Tracking Transparency, yang mewajibkan aplikasi untuk meminta izin sebelum membagikan informasi pengguna ke pihak ketiga, demikian dikutip detikINET dari 9to5Mac, Senin (29/3/2021).

Apple pun bakal menghadirkan 217 emoji baru di 14.5, yang mengikuti format Emoji 13.1 yang disetujui konsorsium Unicode pada tahun 2020 dan akan digulirkan ke pengguna iPhone pada musim panas tahun ini.

Untuk emoji yang baru, Apple menambahkan tiga variasi smiley baru yaitu wajah yang menghela napas, wajah dengan mata spiral, dan wajah yang tertutup awan. Ada juga dua emoji hati baru yang memperlihatkan hati yang membara dan hati yang dibalut perban.

Beberapa emoji yang sudah ada juga dipermak oleh Apple, salah satunya emoji jarum suntik. Sebelumnya emoji jarum suntik ini diisi dengan cairan warna merah atau darah karena melambangkan donor darah dan vaksinasi.



Simak Video "Sistem Operasi iPhone 6s dan SE Dikabarkan Mentok di iOS 14"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)