5 Fitur Jagoan Xiaomi Mi 11

5 Fitur Jagoan Xiaomi Mi 11

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 21 Mar 2021 22:01 WIB
Xiaomi Mi 11
Xiaomi Mi 11. Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati
Jakarta -

Mi 11 adalah ponsel terbaru Xiaomi yang dirilis di Indonesia, sekaligus jadi ponsel flagship pertama di Indonesia dengan Snapdragon 888.

Ada beberapa hal yang membuat Mi 11 jadi ponsel yang layak dipertimbangkan. Apa saja sih fitur jagoan dari ponsel ini?

Snapdragon 888
Snapdragon 888 adalah system on a chip (SoC), atau sering disebut sebagai prosesor, flagship paling baru dari Qualcomm. Sebagai SoC flagship, performanya tentu tak main-main.

Mi 11 sendiri, saat dirilis pertama di China, adalah ponsel pertama di dunia yang memakai chip ini. Dan kini di Indonesia Mi 11 pun jadi ponsel pertama yang menggunakan SoC ini.

Snapdragon 888 adalah SoC pertama yang menggunakan core Cortex-X1. Skemanya adalah 4+3+1, yaitu empat core hemat daya Cortex-A55, tiga core kencang Cortex-A78, dan satu core super kencang Cortex-X1.

Xiaomi Mi 11Xiaomi Mi 11 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Harga
Xiaomi masih dengan komitmennya untuk menghadirkan ponsel dengan harga yang sebenarnya. Spesifikasi Mi 11 tak kalah kencang dibanding ponsel flagship pabrikan lain, namun dijual dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp 10 juta.

Pengisian baterai kencang dan Charger GaN 55W
Mi 11 menggunakan baterai 4.600 mAh. Memang, masih ada ponsel lain yang baterainya lebih besar. Namun dengan bodi Mi 11 yang tipis, kapasitas baterai ini sudah terbilang besar.

Terlebih lagi, untuk penggunaan normal (bukan bermain game atau memotret terus menerus), rasanya baterai Mi 11 akan bisa bertahan seharian. Kalau pun baterainya sudah menipis sebelum hari berganti, pengisian dayanya sangat kencang.

Ponsel ini mendukung pengisian daya 55W menggunakan kabel, dan 50W secara nirkabel. Oh ya, Xiaomi juga masih menyertakan charger dalam paket penjualan Mi 11.

Tak main-main, charger yang disertakan pun mewah. Menggunakan teknologi galium nitride (GaN), yang membuat charger lebih kecil namun dengan daya maksimal yang besar. Charger yang disertakan ini daya maksimalnya 55W, sesuai dengan daya maksimal yang didukung Mi 11.

Kamera Impresif
Kamera adalah salah satu fitur paling penting bagi kebanyakan orang saat ini, dan Mi 11 menawarkan kamera yang impresif. Setidaknya di secara spesifikasi.

Kamera belakangnya ada tiga, yaitu kamera utama 108 megapixel, kamera ultrawide 13 megapixel, dan kamera tele merangkap makro 5 megapixel. Dalam pengujian singkat yang kami lakukan, kamera utamanya ini impresif dalam keadaan kurang cahaya. Foto yang dihasilkan relatif minim noise meski dipakai di keadaan sangat gelap.

Layar Mewah

Xiaomi Mi 11Xiaomi Mi 11 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati


Menurut kami, ini adalah salah satu aspek paling menyenangkan dari Mi 11, karena layarnya mewah. Tak cuma dari spesifikasi, saat dipakai bermain game dan menonton video pun, terlihat layarnya ini mewah.

Layar bertipe OLED 1440p dengan refresh rate 120Hz, dan tingkat kecerahan 1500 nits dan touch response 480Hz. Yang disebut terakhir ini membuat layarnya terasa sangat responsif, utamanya saat bermain game.

Lalu panel ini bertipe 10bit, bukan 8bit seperti kebanyakan ponsel lain. Apa bedanya sih, cuma beda 2bit, kok. Tidak, beda 2bit di sini berarti setiap pixel di layar Mi 11 bisa menampilkan sampai dengan 1024 jenis warna, sementara panel 8bit hanya 256bit. Alhasil warna yang ditampilkan bakal lebih kaya.



Simak Video "Unboxing Mi 11, Smartphone Pertama dengan Snapdragon 888!"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)