Kata Realme Soal Tudingan Curangi Hasil Benchmark AnTuTu

Kata Realme Soal Tudingan Curangi Hasil Benchmark AnTuTu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 18 Mar 2021 18:40 WIB
kantor baru realme
Kata Realme Soal Tudingan Curangi Hasil Benchmark AnTuTu Foto: detikINET/Muhamad Imron Rosyadi
Jakarta -

AnTuTu mendepak Realme GT selama tiga bulan dari daftar ponsel teratasnya karena dugaan mencurangi hasil benchmark. Realme sendiri membantah tuduhan tersebut.

Dalam keterangan yang diterima detikINET Kamis (18/3/2021), CMO Realme Global Chase Xu mengatakan hasil uji tersebut akurat dan Realme selalu berkomitmen memberikan pengalaman yang sebenarnya kepada pengguna.

"Skor benchmark dari Realme GT adalah data akurat dibawah versi terbaru dari AnTuTu Benchmark," kata Xu dalam keterangan resminya.

Ia juga mengatakan tidak adanya standar pengujian benchmark membuat pemahaman Realme dan AnTuTu berbeda tentang cara mendapatkan skor benchmark yang tinggi.

Karena belum ada kesimpulan akhir, Realme pun merasa penggunaan kata 'cheating' atau 'curang' adalah misrepresentasi. Pihaknya lebih memilih istilah 'skor tinggi yang belum diverifikasi'.

"Di samping itu, terkait dengan masalah pengujian yang diragukan oleh kedua belah pihak, kami tetap berkomunikasi dengan pihak AnTuTu secara positif hingga sekarang," jelas Xu.

Sebelumnya, lewat postingan di Weibo AnTuTu menuduh Realme GT mencurangi hasil benchmark-nya. Sebelum diluncurkan, Realme sempat memamerkan hasil benchmark Realme GT yang mencapai 770.201, jauh lebih tinggi dari kebanyakan ponsel Snapdragon 888 yang mencatat skor di kisaran 710.000 poin.

Setelah menguji coba langsung Realme GT, tim AnTuTu menemukan beberapa keanehan. Untuk menghasilkan skor benchmark yang tinggi, ponsel ini disebut menahan beberapa thread yang seharusnya dijalankan di inti CPU kecil sampai bisa dijalankan di inti besar.

Selain itu, Realme GT juga memodifikasi gambar JPG yang dipakai AnTuTu untuk uji UX. AnTuTu menemukan Realme GT melewati beberapa pemrosesan dekompresi JPG dan justru menampilkan gambar berkualitas rendah agar mengurangi waktu pemrosesan.

Karena hal ini, AnTuTu memutuskan untuk mengeluarkan Realme GT dari daftar benchmark-nya selama tiga bulan. Jika Realme mengubah software di ponselnya agar beroperasi dengan normal, maka Realme GT akan dibolehkan masuk kembali. Jika tidak, Realme GT akan dicekal secara permanen.



Simak Video "Inilah Alasan Mengapa Realme 8 Pro Dibekali Kamera 108 MP"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)