Oppo Salip Huawei Dominasi Pasar China

Oppo Salip Huawei Dominasi Pasar China

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 08 Mar 2021 19:45 WIB
OPPO menantang para peserta untuk bersaing menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam membuat konten bertemakan pertemanan serta menjadi bagian dari proyek Reno Kreatif.
Foto: dok. OPPO
Jakarta -

Oppo jadi merek smartphone terlaris di China untuk pertama kalinya, menyalip posisi Huawei. Laporan Counterpoint Research menyebutkan bahwa Oppo berhasil merebut 21% pasar smartphone China per Januari 2021.

Perolehan ini mengungguli Vivo dan Huawei yang sama-sama meraih 20%, disusul berikutnya Apple dan Xiaomi yang melengkapi posisi lima besar dengan masing-masing porsi 16%.

Penjualan Oppo naik 26% dari tahun ke tahun dan meningkat 33% dari bulan sebelumnya. Counterpoint menyebutkan, seri Reno 5 berkontribusi pada peningkatan ini. Peluncurannya dianggap sukses karena menawarkan spesifikasi yang lebih baik dengan harga yang lebih rendah dibandingkan Reno 4.

Namun seperti dikutip detikINET dari The Verge, Senin (8/3/2021) agar Oppo menguasai pangsa pasar, ada brand lain yang harus kehilangan takhtanya, yakni Huawei.

Counterpoint mengatakan, Huawei telah meningkatkan fokusnya pada pasar premium karena kekurangan komponen yang disebabkan oleh sanksi blokir AS. Penjualan sub brand Honor yang juga terdampak sanksi AS, akan memangkas pangsa pasarnya lebih besar.

Laporan ini memang untuk periode satu bulan. Namun Counterpoint memprediksi pangsa pasar Huawei terus menurun sepanjang tahun 2021. Oppo akan memanfaatkan peluang tersebut dengan peluncuran ponsel andalan terbarunya, Find X3 Pro, yang akan diumumkan pekan ini.





Simak Video "Huawei Rilis Ponsel Lipat Mate X2 di China"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)