Qualcomm Snapdragon Sound Tawarkan Kualitas Suara Lebih Baik

Qualcomm Snapdragon Sound Tawarkan Kualitas Suara Lebih Baik

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 05 Mar 2021 12:30 WIB
Qualcomm Snapdragon Sound
Foto: Dok. Qualcomm
Jakarta -

Qualcomm merilis sebuah platform baru yang dinamai Snapdragon Sound, yaitu sebuah platform yang akan diisi berbagai perusahaan untuk bekerja sama dalam meningkatkan kualitas suara perangkat audio nirkabel.

"(Tujuannya adalah) menghadirkan kualitas audio dengan resolusi tinggi seperti lewat kabel secara nirkabel," ujar James Chapman VP of voice, music, and wearables Qualcomm.

Snapdragon Sound memanfaatkan prosesor terbaru, chip Bluetooth audio, dan codec seperti aptX Adaptive untuk menghadirkan pemutaran music dengan resolusi tinggi sampai dengan 24-bit 96Khz.

Konsep audio nirkabel dengan resolusi tinggi sebenarnya bukan barang baru di Android. Contohnya Sony, yang punya misi sama lewat teknologi LDAC, yaitu codec dengan bitrate tiga kali lebih besar dibanding codec standar seperti SBC.

Bedanya adalah komponen Qualcomm ditemukan di banyak perangkat, dari mulai Bose, Jabra, 1More, Sennheiser, dan sebagainya. Jadi nantinya logo Snapdragon Sound bakal muncul di banyak boks perangkat audio maupun ponsel yang mendukung standar ini.

Sayangnya, Snapdragon Sound tak akan tersedia di perangkat yang saat ini sudah ada karena tidak bisa tersedia lewat pembaruan. Standar ini hanya tersedia di produk-produk yang akan datang, kemungkinan baru dirilis beberapa bulan mendatang.

Sejauh ini baru Xiaomi dan Audio-Technica yang sudah diumumkan sebagai partner pertama Snapdragon Sound, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (5/3/2021).

Menurut Qualcomm, Snapdragon Sound tak sekadar berfokus pada kualitas musik dengan resolusi tinggi. melainkan juga kualitas suara panggilan telepon yang lebih baik dan juga latensi yang lebih rendah saat bermain game.

Stabilitas koneksi pun menjadi prioritas Qualcomm, yaitu salah satunya dengan meminimalkan putusnya sambungan Bluetooth yang sering terjadi di tempat dengan interferensi gelombang yang tinggi.

Sayangnya, Qualcomm tampaknya sama sekali tak menyebutkan soal koneksi multipoint. Yaitu di mana earphone bisa terhubung dengan beberapa perangkat sekaligus, atau minimal bisa berpindah koneksi antara satu perangkat ke perangkat lain dengan mudah.



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/rns)