Deretan TV Terbaru Samsung untuk 2021

Deretan TV Terbaru Samsung untuk 2021

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 03 Mar 2021 09:15 WIB
Samsung TV 2021
Foto: Dok. Samsung
Jakarta -

Samsung memamerkan jajaran TV terbarunya untuk 2021, seperti lini Micro LED dan Neo QLED dalam acara virtual Unbox & Disover.

"Selama setahun terakhir, teknologi yang awalnya sekadar "nice to have", kini telah menjadi kebutuhan, sebab rumah kita telah menjadi kantor, sekolah,gym, dan lebih lagi," kata James Fishler, Senior Vice President, Home Entertainment Division, Samsung Electronics America dalam keterangan yang diterima detikINET.

Deretan produk baru tersebut terdiri dari lini Micro LED, NEO QLED, Lifestyle TV, monitor dan soundbar. Kini, Samsung menganggap kalau TV tak sekadar menjadi sarana untuk menonton film dan siaran TV, melainkan punya fungsi yang lebih luas.

"Peran televisi dalam kehidupan kita telah berkembang-dan pada tahun 2021, Samsung terus mendefinisikan ulang peran televisi di seputar kebutuhan dan passion konsumen," tambah Fishler.

Micro LED

Ini adalah lini TV yang, sesuai namanya, menggunakan teknologi Micro LED. Yaitu menggabungkan keunggulan LED dan sebagian keunggulan OLED. Yaitu bagian hitam yang lebih pekat, namun lebih tahan terhadap burn-in.

Lini Micro LED sendiri sudah ada sejak 2018 lewat TV 'The Wall'. Untuk 2021 ini lini tersebut diperluas ke TV ukuran 110 dan 99 inch yang mulai tersedia pada akhir Maret 2021, kemudian ukuran 88 inch tersedia pada musim gugur, dan setelahnya akan ada ukuran 76 inch.

Samsung juga melengkapi TV Micro LED ini dengan fitur 4Vue (Quad View), di mana penggunanya bisa menonton konten dari empat sumber secara bersamaan. Seperti menonton beberapa pertandingan olah raga sekaligus menonton film dari streaming.

Samsung Neo QLED

Samsung TV 2021Samsung TV 2021 Foto: Dok. Samsung


Lini TV ini menggunakan teknologi Neo Quantum Processor dan Quantum Mini LED. Yaitu menggunakan LED yang ukurannya hanya 1/40 kali LED biasa, yang membuatnya bisa mengendalikan pencahayaan lebih baik ketimbang LED konvensional.

Alhasil warna hitam yang ditampilkan bisa lebih pekat, cahaya bisa lebih terang, dan teknologi upscalling yang lebih cerdas dibanding sebelumnya. Samsung pun bekerja sama dengan Xbox untuk menjadikan TV ini official TV partner untuk Xbox Series X.

Pasalnya TV Neo QLED Samsung ini punya resolusi 4K, refresh rate 120 Hz, dan response time 5,8 ms, cocok untuk bermain game. Lalu ada juga dukungan AMD Freesync Premium Pro, yang kompatibel untuk PC maupun konsol.

Lalu sebagai aksesoris, Samsung pun punya kamera opsional yang bisa berfungsi lewat aplikasi Smart Trainer. Fungsinya untuk melengkapi fitur Samsung Health, yaitu untuk menganalisis postur pengguna dan memberikan feedback secara realtime untuk membetulkan postur saat berolah raga.

Samsung Neo QLED 8K (QN800A and QN900A) akan tersedia dalam ukuran 65, 75, dan 85inci, sementara model 4K-nya (QN90A and QN85A) akan menyajikan pilihan yang lebih beragam, dimulai dari 50inci.

The Frame dan The Premiere

Samsung pun memperbarui jajaran produknya yang unik, seperti The Frame 2021 yang kini punya storage lebih besar serta lebih ramping, kini hanya 24,9mm. Lalu storagenya ditingkatkan dari 500MB menjadi 6GB, yang membuatnya bisa menyimpan lebih banyak foto resolusi tinggi.

Lalu The Premiere adalah proyektor triple laser yang punya resolusi 4K, yang dibuat untuk pengguna yang ingin menciptakan pengalaman bioskop di rumahnya. Proyektor ini diklaim punya desain menarik, dan tak membutuhkan tempat yang besar, jaraknya cukup 5 inch dari layar ataupun dinding.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)