OPPO Gaet Mitra Global Perluas Cakupan Teknologi Pengisian Daya Cepat

OPPO Gaet Mitra Global Perluas Cakupan Teknologi Pengisian Daya Cepat

Angga Laraspati - detikInet
Selasa, 23 Feb 2021 20:04 WIB
OPPO
Foto: Dok. OPPO
Jakarta -

OPPO baru saja meluncurkan proyek pengisian daya cepat yang dinamakan The Flash Initiative dengan menggaet FAW-Volkswagen, Anker, dan NXP Semiconductors. Berbasis teknologi pionir pengisian daya cepat VOOC Flash Charge, OPPO akhirnya melisensikan teknologi untuk dihadirkan ke seluruh konsumen global.

Bersama tiga mitra barunya yang merupakan pemimpin pada masing-masing bidang yaitu otomotif, pembuatan chip, dan pengisian daya portabel, OPPO ingin menjangkau konsumen dalam tiga skenario yaitu pengisian daya cepat di mobil, rumah, atau ruang publik. Nantinya setiap mitra akan bekerja dengan desain teknis eksklusif hasil pengembangan mandiri OPPO, yang telah mengajukan lebih dari 2.950 paten pengisian daya cepat di seluruh dunia, dengan lebih dari 1.400 telah didapat.

The Flash Initiative lahir dari komitmen OPPO untuk membuat kehidupan konsumen menjadi lebih mudah. Karena itu, OPPO ingin memunculkan sebuah terobosan baru di luar pengisi daya ponsel konsumen di rumah, berkembang ke mobil, ruang publik, dan chip di dalam berbagai macam teknologi.

Dalam acara MWC di Shanghai, Direktur Senior Kekayaan Intelektual OPPO Adler Feng mengatakan The Flash Initiative mencerminkan keyakinan OPPO pada teknologi yang berpusat pada manusia yang membuat perbedaan dalam kehidupan sehari-hari.

"Dengan kehadiran mitra baru, teknologi eksklusif kami dapat menjangkau lebih banyak orang dari sebelumnya. Ini adalah langkah penting dalam membebaskan konsumen untuk menggunakan perangkat yang mereka suka, apa pun yang perlu mereka lakukan atau di manapun mereka berada," ucap Adler dalam keterangan tertulis, Selasa (23/2/2021).

Sementara itu, Brand Director Anker Innovations China, Cynthia Tan menuturkan pengguna Anker selalu menjadi prioritas dan hal itu sangat cocok dengan filosofi OPPO yang berpusat pada manusia. Sejak hari pertama, Anker juga ingin menggunakan inovasi untuk menghadirkan teknologi pengisian daya terbaik yang dapat dibuat untuk lebih banyak digunakan konsumen.

"Dengan bekerja sama dengan OPPO, kami berharap dapat memberikan pengalaman pengisian daya cepat baru kepada pelanggan kami," kata Cynthia Tan.

Di sisi lain, Head of Smart Power & IoT Solutions, APAC, di NXP Semiconductors Will Wang, Head of mengungkapkan pihaknya bekerja untuk membangun dunia menjadi lebih cerdas, dan pengisian daya yang lebih cepat adalah bagian penting dari ini.

"Jika kami ingin meningkatkan kehidupan masyarakat melalui teknologi, maka kami perlu membuat pengalaman sehari-hari mereka lebih mudah dan nyaman dan teknologi pengisian daya OPPO VOOC Flash Charge dapat melakukan hal tersebut," tuturnya.

[Gambas:Youtube]


Untuk menguji setiap produk mitranya, Laboratorium sertifikasi teknologi CTTL (China Telecommunication Technology Laboratory) akan menguji dan mensertifikasi setiap produk mitra yang dibuat dengan teknologi pengisian VOOC Flash Charge. Sebagai salah satu laboratorium sertifikasi teknologi terbesar di China, CTTL telah memimpin dalam menetapkan standar keamanan untuk teknologi pengisian daya cepat, dan telah memberikan OPPO peringkat bintang lima untuk VOOC Flash Charging-nya.

OPPO juga bekerja sama dengan CTTL untuk mengembangkan makalah teknis untuk berbagi mengenai informasi tentang teknologi pengisian daya cepat, terutama seputar perangkat dan keselamatan konsumen yang akan dipublikasikan segera setelah MWC Shanghai. Adapun tujuan dari mitra baru OPPO adalah menyediakan akses pengisian daya cepat pada lebih banyak skenario pengisian, dan memberikan pengalaman baru kepada konsumen dengan teknologi yang membuat hidup mereka menjadi lebih mudah.

Seperti Anker yang merupakan salah satu merek elektronik konsumen yang menciptakan produk inovati dari power bank hingga pengisi daya dan penyedot debu hingga headphone. Dengan bekerja dengan OPPO, Anker akan membantu menghadirkan pengisian daya cepat VOOC Flash Charge ke lebih banyak orang.

Kemudian mitra lainnya yaitu FAW-Volkswagen yang merupakan usaha patungan FAW Group dan Volkswagen Group, akan menggunakan IP pengisian daya unik OPPO untuk memasukkan pengisian daya cepat ke dalam mobil Audi dan Volkswagen buatan China. Teknologi ini akan memberikan tenaga bagi pengemudi mobil dan penumpang saat bepergian.

Sedangkan mitra produsen chip NXP Semiconductors menghadirkan solusi cerdas dan terhubung ke berbagai sektor, dari kota pintar hingga industri, otomotif, seluler, dan rumah. Dengan mitra jangka panjang bersama OPPO, NXP akan menerapkan beberapa paten OPPO untuk mendukung pengisian VOOC Flash Charge di seluruh rakitan papan sirkuit tercetaknya. Ini berarti pengisian daya cepat dapat lebih mudah diintegrasikan ke dalam lebih banyak aplikasi pada otomotif, ruang publik, dan pengaturan industri.

Sebagai informasi, teknologi VOOC Flash Charge diluncurkan pada tahun 2014, dan lebih dari 30 model ponsel cerdas yang mengusung teknologi ini. Sejauh ini, VOOC Flash Charge telah memberikan pengalaman pengisian daya yang sangat cepat kepada lebih dari 175 juta pengguna di seluruh dunia.

Produk pengisian daya cepat OPPO telah membuat pengisian cepat menjadi lebih nyaman. Pengisi daya Mini Super VOOC 50W yang kecil dapat mengisi daya ponsel cerdas, tablet, dan bahkan laptop - dengan tebal hanya 10,05 mm dan panjang 82,2 mm, sehingga mudah masuk ke dalam saku pengguna.

Sementara itu, pengisi daya nirkabel Air VOOC 65W dapat memberi daya penuh pada baterai ponsel berkapasitas 4.000 mAh dalam 30 menit - dan pengisi daya cepat 125W dapat melakukan hal yang sama hanya dalam 20 menit. Setiap produk menggunakan pengisian daya bertegangan rendah, dengan struktur sel ganda, serta beberapa pompa pengisian daya dan sensor suhu untuk mengatur voltase dan membuang panas secara otomatis.

Untuk informasi lebih lanjut soal OPPO bisa melihatnya di tautan berikut ini.

[Gambas:Video 20detik]



(akn/ega)