iPhone Layar Lipat Paling Cepat Meluncur di Tahun Ini

iPhone Layar Lipat Paling Cepat Meluncur di Tahun Ini

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Feb 2021 22:05 WIB
iPhone layar lipat
iPhone Layar Lipat Paling Cepat Diluncurkan Tahun 2024 Foto: LetsGoDigital
Jakarta -

Apple sepertinya masih pikir-pikir untuk meluncurkan iPhone layar lipat. Jika jadi pun, kemungkinan ponsel layar lipat ini baru akan diluncurkan paling cepat pada tahun 2024, berdasarkan laporan dari media Korea Selatan The Elec.

Beberapa laporan lain menyebutkan Apple akan merilis perangkat layar lipat pertamanya pada tahun 2023. Agar bisa menepati jadwal peluncuran tersebut, Apple harus sudah memiliki rencana produk yang spesifik pada paruh kedua tahun 2021.

Perusahaan yang berbasis di Cupertino, California ini biasanya memulai proses pengembangan dengan mitranya setidaknya dua hingga tahun sebelum produk diluncurkan.

Apple juga akan menunjuk mitra untuk menyediakan material dan komponen yang akan digunakan produknya setelah desainnya selesai. Tapi hingga saat ini belum ada pergerakan yang jelas di supply chain, seperti dikutip dari The Elec, Senin (22/2/2021).

Jika Apple benar-benar meluncurkan iPhone layar lipat pada 2023, mitra penyedia panel OLED-nya seperti Samsung dan LG harus memulai investasi besar-besaran pada 2022. Kedua perusahaan Korsel ini sudah menjadi penyedia panel OLED untuk iPhone 12.

Apple dikenal tidak pernah tergesa-gesa untuk meluncurkan produk baru. Jadi, jika mereka sudah menyiapkan supply chain untuk ponsel layar lipat pada akhir tahun ini, kemungkinan produk tersebut baru tersedia secara komersial pada tahun 2024.

The Elec juga melaporkan bahwa Apple masih mempertimbangkan margin keuntungan dari iPhone layar lipat. Apalagi saat ini Apple masih dalam proses transisi dari panel LCD ke OLED untuk iPhone.

Panel OLED harganya lebih mahal dari LCD, yang artinya jika Apple hanya meluncurkan iPhone dengan OLED, margin keuntungan mereka akan menipis. Karena itu mereka masih pikir-pikir untuk meluncurkan iPhone layar lipat.

Keberadaan iPhone layar lipat memang telah dirumorkan sejak lama. Belum lama ini Bloomberg melaporkan bahwa Apple sudah mulai fokus mengembangkan prototipe layar lipat untuk ponsel.

Perusahaan besutan Steve Jobs ini bahkan sudah mempertimbangkan beberapa ukuran layar yang akan digunakan. Tapi Bloomberg mengindikasikan iPhone layar lipat kemungkinan baru akan dikenalkan beberapa tahun lagi atau justru tidak akan diluncurkan sama sekali.



Simak Video "Sengaja Bikin iPhone Lemot, Apple Didenda USD 113 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)