Inikah Wujud Kacamata AR Canggih Buatan Samsung?

Inikah Wujud Kacamata AR Canggih Buatan Samsung?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 22 Feb 2021 14:15 WIB
Kacamata AR Samsung
Inikah Wujud Kacamata AR Buatan Samsung? Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Samsung sepertinya turut mengembangkan kacamata augmented reality (AR), mengikuti Apple, Microsoft, dan Facebook. Desain kacamata canggih tersebut juga telah dibocorkan.

Bocoran ini datang dari tipster WalkingCat yang sebelumnya pernah memberikan bocoran tentang perangkat Samsung dan Microsoft. Baru-baru ini WalkingCat mengunggah dua video yang memperlihatkan wujud dua kacamata AR buatan Samsung.

Video pertama memperlihatkan produk bernama 'Samsung Glasses Lite'. Wujudnya mirip seperti kacamata hitam biasa tapi dengan dimensi yang lebih tebal.

Kacamata ini diperlihatkan bisa melakukan banyak hal, mulai dari memproyeksikan layar virtual raksasa untuk memainkan game dan menonton film, menghadirkan monitor komputer virtual, dan melakukan panggilan video, seperti dikutip dari The Verge, Senin (22/2/2021).

Selain itu video ini juga memperlihatkan cara kerja 'Integrated Control' di mana Galaxy Watch digunakan untuk beralih dari mode untuk main game menjadi mode video dengan mulus.

Di akhir video, kacamata AR buatan Samsung ini langsung mengaktifkan 'Sunglasses Mode' untuk menyembunyikan display AR dan memburamkan display. Saat dipakai di luar ruangan, kacamata ini bisa digunakan untuk mengontrol drone, lengkap dengan telemetri.

Sementara di video kedua menampilkan visi 'Next Wearable Computing' dari Samsung. Video ini menampilkan konsep kacamata AR yang terlihat seperti fiksi ilmiah.

Konsep ini memungkinkan pengguna untuk melihat objek digital secara 3D di dunia nyata, mirip dengan marketing kacamata AR Microsoft HoloLens. Selain itu objek ini juga bisa diperbesar dan diperkecil dengan mudah, dengan field-of-view yang tidak terbatas.

Tapi teknologi yang ada saat ini belum memungkinkan untuk menciptakan produk seperti ini. Kombinasi laser, proyektor dan micromirror yang ada saat ini hanya memberikan field-of-view yang kecil dengan kacamata AR seperti ini.

Jika melihat rekam jejak WalkingCat yang cukup akurat, sepertinya video ini memang asli dari Samsung. Tapi yang masih belum diketahui apakah produk ini masih dalam bentuk konsep atau sudah siap untuk diluncurkan.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)