Modem 5G Baru Qualcomm Kecepatannya Tembus 10 Gbps

Modem 5G Baru Qualcomm Kecepatannya Tembus 10 Gbps

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 10 Feb 2021 10:42 WIB
Qualcomm Snapdragon X65 5G
Foto: Dok. Qualcomm
Jakarta -

Qualcomm merilis modem 5G baru yang bernama Snapdragon X65 5G Modem-RF System, yang kecepatannya bisa menembus 10Gbps.

Modem ini diklaim sebagai modem 5G pertama di dunia yang kecepatannya mencapai 10 Gigabit dan modem pertama yang mendukung standar 3GPP Release 16. Meski begitu, sejauh ini belum ada jaringan 5G yang bisa memaksimalkan kecepatan dari modem ini.

Snapdragon X65 ini mempunyai arsitektur yang bisa diperbarui, yang membuat modem ini future proof, lewat pembaruan softwarenya. Artinya masa pakai modemnya pun akan lebih lama karena kemampuannya bisa terus ditambah.

Tak cuma itu, Snapdragon X65 juga jadi modem pertama yang punya kemampuan optimalisasi antena dengan kecerdasan buatan (AI). Solusi ini menggunakan model AI yang dilatih untuk mendeteksi posisi tangan penggunanya.

Ada juga antena baru bernama Qualcomm 545 mmWave, yang merupakan antena mmWave generasi ke-4. Ukuran antena ini sama dengan generasi ke-3 namun dijanjikan punya kekuatan transmisi yang lebih besar dan mendukung frekuensi mmWave global secara penuh.

Jadi modem bisa menyesuaikan kekuatan antena dari data tersebut secara real time. Alhasil, menurut klaim Qualcomm, kecepatan transfer data akan lebih kencang, tangkapan sinyal akan lebih baik, dan daya tahan baterai pun bisa lebih lama.

Snapdragon X65 ini adalah penerus Snapdragon X60 yang dipakai di Snapdragon 888. Kecepatan maksimal X60 ini adalah 7,5Gbps, sementara X65 ini baru akan dipakai di system on a chip (SoC) flagship Qualcomm selanjutnya.

Modem X65 ini diperkirakan akan dipakai oleh Apple di iPhone keluaran 2022 sebelum akhirnya menggunakan modem 5G buatan mereka sendiri tahun berikutnya, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (10/2/2021).



Simak Video "Miliarder Mukesh Ambani Gandeng Qualcomm Garap 5G di India"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)