Permudah Pembuatan Aplikasi Lewat Platform Ini

Permudah Pembuatan Aplikasi Lewat Platform Ini

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 05 Feb 2021 16:39 WIB
Ilustrasi coding, ilustrasi teks editor
Ilustrasi coding. Foto: Photo by Sai Kiran Anagani on Unsplash
Jakarta -

Semakin banyak bisnis dan perusahaan yang perlu mengembangkan aplikasi, padahal proses pembuatan aplikasi pun tak semudah itu.

Hal inilah yang dilihat oleh Siemens Digital Industries Software yang menghadirkan platform bernama Mendix. Mendix sendiri mereka sebut sebagai perangkat lunak dengan teknologi low-code yang memudahkan pengembangan aplikasi dengan penggunaan coding yang minimal.

"Pendekatan via aplikasi sudah masuk ke prioritas utama tiap organisasi untuk tetap bisa relevan dalam persaingan bisnis. Kita lihat bagaimana riset Statista yang menyampaikan pengguna aplikasi hingga 20 juta pengguna dengan estimasi revenue lebih dari 42 juta dollar AS dan akan terus tumbuh," ujar Baran Abdaha, Regional Business Development Manager ACA Pacific Indonesia, yang merupakan distributor Mendix di Indonesia, dalam keterangan yang diterima detikINET, Jumat (5/2/2021).

Namun menurutnya pengembangan aplikasi tidaklah semudah itu. Sekitar 55% perusahaan di dunia membutuhkan waktu enam bulan sampai tiga tahun untuk mengembangkan aplikasi mulai dari penyusunan ide hingga siap diluncurkan.

Hal ini rentan menyebabkan proyek yang dituju tertunda, dan momentum bisnis yang dibidik pun terlewat. Ditambah, sumber daya manusia Indonesia di bidang pengembangan aplikasi yang jumlahnya masih minim.

"Tentu saja dengan adopsi Mendix sebagai Low Code Application Platform, akan membantu untuk menekan barriers of entry ketika organisasi memutuskan membangun aplikasi baik untuk kebutuhan internal maupun pendekatan ke pelanggannya," tambah Baran.

Speed, Collaboration, dan Control digabungkan oleh Mendix untuk menghasilkan perangkat lunak yang membantu bisnis beradaptasi dengan transformasi digital menjadi mudah. Teknologi low-code yang digunakan memungkinkan proses pengembangan sebuah aplikasi dari penyusunan konsep hingga diluncurkan menjadi lebih singkat.

Diharapkan hadirnya Mendix dapat mendorong ekosistem ekonomi digital di Indonesia menjadi lebih kuat. Seiring dengan semakin terbukanya lebih banyak peluang di bidang pengembangan aplikasi, untuk memaksimalkan potensi ekonomi digital di setiap lini bisnis dan Indonesia secara keseluruhan.



Simak Video "Perusahaan Kenya Daur Ulang Plastik Jadi Perabotan Cantik"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)