Razer Rilis Mouse Gaming Baru, Diklaim Terkencang di Dunia

Razer Rilis Mouse Gaming Baru, Diklaim Terkencang di Dunia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Jumat, 29 Jan 2021 21:15 WIB
Razer Viper 8K
Foto: Dok. Razer
Jakarta -

Razer merilis mouse gaming terbarunya yang bernama Viper 8K, yang mereka klaim sebagai yang terkencang di dunia. Begini penjelasannya.

Viper 8K disebut paling kencang di dunia karena punya polling rate mencapai 8.000 Hz, sementara standar industri saat ini untuk mouse adalah 1000 Hz. Jadi apa itu polling rate?

Polling rate adalah pengukuran dari seberapa banyak mouse 'melaporkan' posisinya ke komputer. Semakin tinggi polling rate, maka semakin kencang dan halus juga mouse ini bisa mengenali pergerakan tangan penggunanya.

Nah, Viper 8K punya polling rate 8.000 Hz, yang artinya bisa melaporkan posisi kursor mouse sebanyak 8.000 kali setiap detiknya, sambil mengurangi waktu respon dari mouse tersebut, yang mencapai satu ms sampai 1/8 ms.

Namun apakah kecepatan setinggi ini diperlukan, bahkan untuk gamer? Menurut Razer, yang memang berfokus pada perangkat gaming, peningkatan kecepatan ini memang tak akan langsung terasa oleh pengguna Viper 8K.

Hanya saja, menurut Razer pengguna akan merasakan kalau pergerakan mouse seperti untuk membidik, bakal terasa lebih responsif. Jadi cocok untuk digunakan di game yang gameplaynya cepat, misalnya first person shooter, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (29/1/2021).

"Latency menjadi bagian yang sangat penting dalam gameplay karena memiliki efek terhadap pengalaman bermain game secara keseluruhan dan signifikan, hal ini kadang terabaikan oleh beberapa mouse gaming lain yang berfokus pada peningkatan DPI," ucap Alvin Cheung, Senior Vice President Razer untuk bagian peripheral, dalam keterangan yang diterima detikINET.

Tak seperti DPI, latency yang rendah menguntungkan semua sektor mulai dari pemain kasual hingga pemain professional dengan memotong beberapa millisecond penting dari waktu respon," tambahnya.

Pengguna juga bisa menggunakan software Synapse 3 untuk mengatur polling rate mouse ini menjadi lebih rendah. Juga dapat mengkonfigurasi delapan tombol yang dapat diprogram, menetapkan macro atau memilih profile dan menyimpan profil konfigurasi pada advanced on-board memory dari Viper 8KHz.

Dengan penyimpanan hingga lima profil on-board memory, pengguna dapat menikmati akses instan ke pengaturan konfigurasinya di manapun dia berada. Viper 8K bakal mulai dijual pada 7 Februari mendatang dengan harga Rp 1,3 juta.



Simak Video "Keren! Stasiun Luar Angkasa Tianhe China Kini Dilengkapi WiFi"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)