GPU Exynos Bikinan AMD Lebih Kencang dari GPU iPhone 12 Pro

GPU Exynos Bikinan AMD Lebih Kencang dari GPU iPhone 12 Pro

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 28 Jan 2021 16:30 WIB
Exynos
Foto: istimewa
Jakarta -

Samsung sudah mengkonfirmasi kerja samanya dengan AMD untuk chip Exynos yang selanjutnya. Kini bocoran skor benchmark chip tersebut sudah beredar.

Dilansir Phone Arena, Kamis (28/1/2021), sebuah chip Samsung yang belum dirilis bernama Exynos 9925. Dari skor benchmark GFXBench yang beredar, chip tersebut punya GPU yang lebih kencang dari A14 Bionic, chip yang dipakai di keluarga iPhone 12.

Dari skor benchmark grafis 3D yang tinggi itulah diasumsikan kalau Exynos 9925 menggunakan GPU yang digarap oleh AMD. Pasalnya, sejauh ini chip Exynos seperti Exynos 2100 punya kinerja CPU yang sudah sebanding dengan pesaingnya seperti Snapdragon 888, namun kemampuan GPU-nya yang masih tertinggal.

Berikut ini adalah skor benchmark dari Exynos 9925 di GFXBench:

  • Manhattan 3.1: 181,8 fps
  • Aztec Normal: 138,25 fps
  • Aztec High: 58 fps

Berikut adalah skor benchmark iPhone 12 di GFXBench:

  • Manhattan 3.1: 120,8 fps
  • Aztec Normal: 30 fps
  • Aztec High: 30 fps

Dari skor ini, terlihat kalau performa grafis chip baru tersebut sangat terpaut jauh dengan A14 Bionic, yang sebenarnya juga merupakan chip yang sangat kencang.

Ditambah lagi, dalam laporan tersebut juga disebut kalau performanya masih bisa ditingkatkan. Performanya itu bisa ditingkatkan sesuai dengan jadwal pengembangan chip ini.

Sebelumnya diberitakan, Presiden System LSI Business Samsung, Inyup Kang saat peluncuran Exynos 2100 memastikan kalau produk flagship selanjutnya bakal menggunakan GPU dari AMD.

Sayangnya ia tak memastikan apakah GPU AMD itu bakal dipakai di ponsel flagship selanjutnya atau bakal terintegrasi di system on a chip (SoC) flagship Samsung yang selanjutnya. Ia pun tak memastikan kapan tanggal pasti kehadiran GPU AMD itu.

Namun kini muncul bocoran dari Ice Universe yang sejalan dengan pernyataan Kang tersebut. Menurut bocoran ini kolaborasi antara Samsung dan AMD itu akan terjadi pada Q2 atau Q2 2021.

Jika benar, maka peluncuran ini lebih cepat dibanding rumor sebelumnya yang menyebut GPU custom itu baru akan dirilis pada 2022. Meski tak terlalu spesifik, bisa diasumsikan kalau chip tersebut bakal dipakai di ponsel flagship Samsung selanjutnya, mungkin Galaxy Z Fold 3.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)