Keluarga Ini Kompak dan Betah Pakai Merek HP yang Sama, Kok Bisa?

Keluarga Ini Kompak dan Betah Pakai Merek HP yang Sama, Kok Bisa?

Tim detikcom - detikInet
Rabu, 27 Jan 2021 23:01 WIB
keluarga sinta
Keluarga Sinta Relawatai saat membeli HP (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Saat ini smartphone atau HP menjadi alat kebutuhan yang penting dalam berbagai aktivitas harian masyarakat modern. Baik hanya sekadar alat untuk komunikasi, bekerja, hingga mencari hiburan.

Banyak pilihan merek HP yang kini tersedia di pasaran. Namun, ada juga yang betah pakai satu merek HP tertentu karena beberapa alasan. Salah satunya Daryanto (46) yang sudah pakai HP merek OPPO sejak 2011.

Ia yang merupakan aparatur sipil negara (ASN) di kantor pos di Jakarta Barat tersebut sudah tiga kali ganti HP dengan merek yang sama. Tak hanya dirinya, bahkan istri dan dua anaknya juga memakai HP dengan merek yang sama.

"Ya aku dari segi kualitas OPPO tuh kaya udah yakin aja, tahan banting, lebih kuat. Udah dari beberapa tahun yang lalu, dari 2011, dari yang A53, itu sampai sekarang masih sebenarnya, tapi aku ganti pakai OPPO F1s yang kedua, sekarang ganti lagi (OPPO Reno4 Pro)," ujarnya saat dihubungi detikcom beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan lebih banyak menggunakan HP-nya untuk aktivitas sehari-hari seperti komunikasi dan media sosial serta untuk bekerja. Hal sama juga dilakukan istrinya yang menggunakan OPPO F1s.

Anaknya pertama, Handika (25) yang bekerja di perhotelan memakai OPPO F3 dan Reno4. Ia lebih banyak menggunakan HP-nya untuk bekerja. Adapun anak kedua yang masih kuliah, Rahmat (22), masih kuliah dan memakai OPPO F1s.

"Anak-anak ngelihat punya (ayahnya pakai) OPPO (sampai tanya), apa sih enaknya pakai OPPO? Aku ngerasa kayanya lebih srek, tahan banting, udah pernah jatuh beberapa kali, yang F1s dari tahun 2016 masih awet. Ini belinya bareng sama ibu dan anaknya," ujarnya.

Tak hanya keluarga Daryanto, hal yang sama juga dirasakan keluarga Sinta Relawatai. Ia, suami, dan dua anaknya juga memakai HP merek OPPO untuk kebutuhan beraktivitas sehari-hari, terutama di masa pandemi ini.

Ia dan suaminya belum lama ini baru ganti dari OPPO Reno 10x Zoom dan Reno2 ke Find X2. Sementara kedua anaknya (yang berumur 13 dan 11 tahun) sama-sama menggunakan OPPO Reno4.

Sinta yang merupakan guru di SMAN 38 Lenteng Agung tersebut menyebut pandemi membuat kebutuhan HP dengan spesifikasi yang mumpuni untuk menunjangnya dalam proses pembelajaran sebagai guru di bidang seni budaya. Ia menyebut lebih banyak menggunakan HP dalam menyiapkan materi pelajarannya.

"Makanya kemarin saya cari-cari, suami dapat info itu ada yang 12GB ramnya, Find X2. Pas coba, oh iya yah bagus juga, makanya yang Reno 10x Zoom diganti Find X2. Kemarin saya tukar tambah, kan kemarin ada promonya yah, daripada jual itu kan sayang, makanya tukar aja sama ini," ujarnya.

"Selain buat video pembelajaran, minimal saya mempraktikkan gerak divideokan dan dikirim, kebetulan pakai Google Classroom. Lalu dikirim sebagai bahan ajar, video pembelajaran, dan butuh memori yang lumayan besar, ini kan (Find X2 memori internalnya) 200GB sekian yang saya pakai," imbuhnya.

Desain elegan dan enteng serta RAM besar dengan harga yang terjangkau di kelasnya jadi alasan Sinta memilih Find X2. Sementara untuk kedua anaknya, Sinta menyebut OPPO Reno4 lebih dari cukup untuk mendukung proses pembelajaran daring mereka.

"Karena mereka beberapa kali ganti HP dengan merek yang berbeda-beda. Namun, untuk proses pembelajaran mereka kurang mendukung, padahal semasa COVID-19 ini dicarinya pastinya (HP dengan) dari segi kamera, RAM dan lainnya," ujarnya.

"Kemarin pas mau ganti handphone, pertimbangannya gimana supaya nggak lemot, terus kamera lebih bagus, terus biayanya. Karena pakai merek lain, aplikasinya bayar, jadi kesulitan. Yuk cari-cari diperbandingkan dengan yang lain dengan harga yang setara, akhirnya kita tentukan OPPO Reno4," imbuhnya.

(ncm/fay)