Jangan Dekatkan iPhone 12 dengan Alat Pacu Jantung, Pokoknya Jangan!

Jangan Dekatkan iPhone 12 dengan Alat Pacu Jantung, Pokoknya Jangan!

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 25 Jan 2021 18:14 WIB
iPhone 12 dan iPhone 12 Pro
Apple Ingatkan Jangan Dekatkan iPhone 12 dengan Alat Pacu Jantung Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sejak diluncurkan pada Oktober tahun lalu, Apple sudah mengetahui bahwa lini iPhone 12 dan aksesoris MagSafe bisa mengganggu fungsi peralatan medis seperti alat pacu jantung dan defribillator. Kini Apple memberikan informasi tambahan tentang hal tersebut.

Dalam dokumen dukungan terbaru, Apple menjelaskan bahwa iPhone 12 memiliki magnet serta komponen dan radio yang memancarkan medan elektromagnetik. Semua aksesoris MagSafe juga memiliki magnet, dan charger wireless MagSafe dan MagSafe Duo juga memiliki radio.

Menurut Apple, magnet dan medan elektromagnetik tersebut bisa mengganggu peralatan medis yang dipasang di dalam tubuh. Karena itu, Apple menyarankan pengguna untuk menjauhkan iPhone 12 mereka dari peralatan tersebut.

"Peralatan medis seperti alat pacu jantung dan defribillator yang dipasang mungkin mengandung sensor yang merespon terhadap magnet dan radio dalam kontak dekat," tulis Apple dalam dokumen tersebut, seperti dikutip dari Gizmodo, Senin (25/1/2021).

"Untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan perangkat ini, jaga jarak aman iPhone dan MagSafe dari peralatan Anda (lebih dari 6 inch/15 cm atau lebih dari 12 inch/30 cm jika sedang mengisi daya secara wireless)," sambungnya.

Apple juga meminta pengguna iPhone 12 untuk berkonsultasi dengan dokter dan pembuat alat medis tentang informasi seputar alat tersebut. Pengguna juga harus bertanya apakah mereka harus menjaga jarak antara alat medisnya dengan iPhone atau aksesoris MagSafe.

Defribillator adalah alat yang bisa memulihkan detak jantung seseorang agar kembali normal dengan mengirimkan denyut atau sengatan listrik ke jantung. Alat ini juga bisa membantu jantung berdetak lagi jika tiba-tiba berhenti.

Sedangkan alat pacu jantung atau pacemaker menggunakan denyut listrik untuk membantu jantung berdetak dengan kecepatan dan ritme yang normal, serta membantu bilik jantung berdetak secara sinkron agar bisa memompa darah secara efisien.

iPhone 12 yang memiliki lingkaran magnet di bagian belakangnya memang diakui Apple mempunyai lebih banyak magnet dibandingkan iPhone sebelumnya. Tapi magnet ini tidak diperkirakan bisa menimbulkan risiko gangguan yang lebih besar terhadap peralatan medis daripada model sebelumnya.

Isu gangguan yang ditimbulkan iPhone 12 dan aksesoris MagSafe terhadap peralatan medis pertama kali dibahas oleh studi yang diterbitkan di Heart Rhythm Journal. Studi yang dilakukan Henry Ford Heart dan Vascular Institute tersebut menemukan bukti bahwa iPhone 12 bisa mengganggu fungsi defribillator cardioverter implan (ICD).

Riset tersebut mengatakan bahwa saat iPhone 12 ditaruh di dekat perangkat medis yang dekat dengan jantung pasien, perangkat tersebut akan langsung berhenti berfungsi.

Tapi ICD memang bisa dengan mudah dimatikan dan diaktifkan dengan perangkat lain yang memancarkan medan magnet, termasuk jam tangan pintar Fitbit atau vape.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)