Mac M1 Bisa Jalankan Ubuntu

Mac M1 Bisa Jalankan Ubuntu

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 25 Jan 2021 06:36 WIB
Apple resmi merilis MacBook Air dan MacBook Pro 13 inch. Menariknya kedua perangkat ini menjadi laptop pertama yang ditenagai chipset M1.
Foto: Apple
Jakarta -

Corellium, sebuah perusahaan keamanan, memodifikasi sistem operasi Ubuntu untuk dipasang di perangkat Mac berbasis Apple M1.

Corellium adalah perusahaan keamanan yang menawarkan iOS versi virtualisasi untuk keperluan pengujian keamanan. Kini, mereka memodifikasi Ubuntu, dan membuat tutorial agar prosesnya mudah ditiru oleh pengguna lain.

Ubuntu hasil modifikasi Corellium untuk Mac M1 ini tampilan antarmukanya mirip dengan versi standar, dan mendukung penggunaan port USB yang ada di Mac, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (25/1/2021).

CTO Corellium Chris Wade menjelaskan kalau hasil porting ini sebagai OS yang sudah bisa dipakai secara penuh. Bisa dioperasikan dengan melakukan booting desktop Ubuntu dari USB.

Tim di Corellium menjelaskan secara detail bagaimana mereka bisa membuat Ubuntu berjalan di Mac M1 dalam postingan blog di situs resminya. Meski sejumlah komponen di M1 mirip dengan chip yang ada di perangkat mobile Apple (iPhone dan iPad), membuat driver Linux agar Ubuntu bisa berjalan dengan baik adalah hal yang menantang.

Terlebih lagi, Apple memang tak mendesain Mac M1 untuk mempunyai dual boot atau Boot Camp. Bahkan SVP software engineering Apple Craig Federighi sebelumnya pernah menyatakan kalau Mac M1 tak akan mendukung sistem operasi lain seperti Windows ataupun Linux.

Apple tampaknya lebih mendorong orang untuk melakukan virtualisasi dalam perangkatnya, alias menjalankan OS lain dalam macOS. Namun hal ini tak menyurutkan minat para developer untuk menjajal menghadirkan OS alternatif untuk perangkat Mac M1.

Pasalnya Mac M1 menawarkan performa tinggi dan punya efisiensi tinggi, dan para developer tampaknya tertarik untuk memanfaatkan keunggulan tersebut.

"Saya sudah lama menunggu adanya laptop ARM yang bisa menjalankan Linux. (MacBook) Air yang baru sebenarnya hampir sempurna, kecuali untuk sistem operasinya," ujar Linus Torvalds, pencipta Linux beberapa waktu yang lalu.

Sebelumnya ada juga Hector Marlin yang sukses memporting Linux ke Mac M1. Marlin sendiri dikenal sebagai developer yang sering melakukan porting Linux untuk bermacam perangkat.



Simak Video "Reaksi Pengguna iPhone 6s yang Masih Bisa Update iOS 15 "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)