Mengenal Teknologi Ultra-Wideband di Galaxy S21 Series 5G

Mengenal Teknologi Ultra-Wideband di Galaxy S21 Series 5G

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 24 Jan 2021 07:14 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G dan S Pen
Foto: (Samsung)
Jakarta -

Ultra-Wideband (UWB) belakangan ini menjadi fitur wajib di banyak ponsel flagship, termasuk di Samsung Galaxy S21+ 5G dan Galaxy 21 Ultra 5G. Tapi, apa itu UWB dan seperti apa kegunaannya?

Dikutip dari Samsung, Minggu (24/1/2021) UWB merupakan koneksi nirkabel yang menggunakan gelombang radio, sama seperti Bluetooth dan Wi-Fi.

Tapi berbeda dengan dua jenis koneksi tersebut, UWB beroperasi di frekuensi yang sangat tinggi (bandwidth 500 MHz) dan bisa digunakan untuk menangkap data spasial dan terarah yang sangat akurat. Jarak yang bisa dijangkau UWB juga lebih luas dibandingkan Bluetooth dan Wi-Fi.

UWB bekerja dengan mengirimkan satu miliar sinyal per detik yang kemudian diterima oleh perangkat lain. Saat perangkat penerima mengirimkan sinyal balik, lokasinya bisa ditemukan dengan akurasi yang tinggi.

UWB bisa melacak lokasi secara real-time. Perangkat dengan UWB bisa menentukan apakah objek sedang dalam kondisi diam, bergerak menjauh atau mendekat.

UWB sebenarnya pertama kali digunakan Samsung di Galaxy Note20 Ultra, tapi kegunaannya makin ditingkatkan di Galaxy S21+ 5G dan Galaxy S21 Ultra 5G. Selain di smartphone, teknologi ini juga bisa digunakan di jam tangan pintar, kunci pintar, atau alat pelacak.

Karena bisa mendeteksi lokasi dengan akurasi yang tinggi, UWB bisa memiliki banyak kegunaan. Salah satunya untuk mencari barang yang hilang menggunakan gadget seperti Samsung Smart Tag+ yang memiliki jangkauan hingga 120 meter.

Selain itu, ponsel dengan UWB juga bisa menjadi kunci rumah atau kunci mobil masa depan. Dalam skenario di dunia nyata, UWB bisa digunakan untuk membuka pintu mobil atau rumah saat posisi ponsel berada dekat dengan pintu tanpa menyentuh apa-apa.

Dalam acara Galaxy Unpacked minggu lalu, Samsung juga mengumumkan telah bekerjasama dengan pabrikan mobil seperti Audi, BMW, Ford dan Genesis untuk memastikan mobil masa depan mereka yang menggunakan UWB mendukung Galaxy S21+ 5G dan Galaxy S21 Ultra 5G sebagai kunci mobil digital.



Simak Video "Resmi Dirilis, Ini Harga Galaxy S21 Series di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)