Tanda-tanda LG Mau Nyerah Bisnis HP

Tanda-tanda LG Mau Nyerah Bisnis HP

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 21 Jan 2021 09:15 WIB
HP layar gulung LG Rollable
LG Rollable. Foto: Pocketnow
Jakarta -

LG tengah mempertimbangkan untuk keluar dari bisnis ponsel pada 2021, setelah mengalami kerugian sekitar USD 4,5 miliar selama lima tahun ke belakang.

Hal ini diketahui dari memo internal yang dikirimkan CEO LG Kwon Bong-seok kepada para pegawai LG. Dalam memo tersebut ia menyatakan tengah mempertimbangkan perubahan besar untuk bisnis ponsel LG.

Dilansir The Verge, Kamis (21/1/2021), memo tersebut menyebutkan adanya perubahan arah pada bisnis ponsel LG. Dan mereka akan mempertimbangkan semua kemungkinan yang ada.

"Sejak kompetisi di pasar global untuk perangkat mobile semakin keras, ini sudah waktunya bagi LG untuk membuat penilaian dan pilihan terbaik. Perusahaan akan mempertimbangkan semua hal, termasuk penjualan, penarikan, dan mengurangi ukuran bisnis ponselnya," tulis Kwon Bong-seok dalam memo tersebut.

Memo tersebut pun kemudian dikonfirmasi oleh LG, yang menyatakan kebenaran memo tersebut. Namun mereka menegaskan sampai saat ini belum ada keputusan apa pun terkait isi memo tersebut.

"Manajemen LG Electronics berkomitmen untuk mengambil keputusan apa pun yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di bisnis mobile pada 2021. Sampai hari ini, belum ada apa pun yang difinalisasi," tulis LG dalam pernyataan resminya.

Sebelumnya juga pernah ada laporan kalau LG akan menyetop bisnis ponselnya, yang muncul pada awal Januari ini. Namun saat itu LG menepis laporan tersebut dan menyebutnya tak tepat dan tak berdasar.

Jika benar LG bakal keluar dari bisnis ponsel, itu adalah hal yang cukup disayangkan. Pasalnya, LG seringkali punya produk yang menarik, dengan fitur yang tak ada di ponsel lainnya.

Yang paling baru tentunya adalah LG Wing, ponsel yang punya dua layar yang bisa diputar. Namun jauh sebelum itu pun, LG selalu punya diferensiasi tersendiri untuk ponsel flagshipnya.

LG WingLG Wing Foto: istimewa

Misalnya mereka selalu menggunakan chip audio khusus di ponsel seri G dan V, lengkap dengan amplifier tambahan untuk para penyuka audio. Lalu mereka juga salah satu perusahaan pertama yang menggunakan kamera dengan lensa ultra wide pada ponsel. Jauh sebelum pabrikan lain menghadirkan fitur semacam ini.

Namun sayangnya penjualan ponsel LG tak pernah melejit. Selalu tertinggal, baik dari pemain lama seperti rival senegara mereka -- Samsung --, ataupun rivalnya dari China, seperti Xiaomi, Oppo, Vivo, Huawei, dan bahkan Realme.



Simak Video "Bebas Hirup Udara Bersih Setiap Saat"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)