Samsung Galaxy S21 Ultra 5G Cocok Buat Kamu yang Tech Savvy

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G Cocok Buat Kamu yang Tech Savvy

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 19 Jan 2021 13:11 WIB
Galaxy S21 Ultra 5G Series
Samsung Galaxy S21 Ultra 5G (Foto: Samsung)
Jakarta -

Ada tiga ponsel dari lini Galaxy S21 Series 5G yang dirilis Samsung, yaitu Galaxy S21 5G, Galaxy S21+ 5G dan Galaxy S21 Ultra 5G. Dari ketiga varian itu, Galaxy S21 Ultra 5G adalah varian yang paling mewah dari segi kemampuan dan fitur. Apa saja sih fitur unggulannya?

"Galaxy S21 Ultra 5G adalah bukti nyata tentang bagaimana Samsung senantiasa menggerakkan inovasi yang penuh arti demi memberikan pengalaman yang personalized kepada orang-orang yang ingin memperkaya dan memberdayakan hidup mereka untuk mengekspresikan diri," kata TM Roh, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics.

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G ini dibuat untuk pengguna yang membutuhkan teknologi terbaik. Bagi para tech savvy, tampaknya semua teknologi ponsel terkini ada di Galaxy S21 Ultra 5G.

Sebut saja layar QHD+ 120Hz, 5nm Exynos 2100 terbaru, dukungan S Pen, UWB, dan WiFi 6E. Yuk kita bahas keunggulan-keunggulannya:

1. Layar

Keunggulan pertama ada pada layar, yang menggunakan teknologi Dynamic AMOLED 2X dengan hole punch Infinity-O 120Hz untuk kamera selfienya. Layar ini punya resolusi 3200 x 1400 pixel dan tersertifikasi HDR10+.

Namun yang terpenting adalah layar 6,8 inchi ini punya adaptive refresh rate dari 10 sampai 120Hz, dan hebatnya, refresh rate maksimalnya itu (120Hz) bisa didapat dengan resolusi maksimal, yaitu QHD+.

Lalu ada juga lapisan digitizer yang bisa membaca input dari S Pen. Ya, Galaxy S21 Ultra 5G mendukung penggunaan S Pen layaknya seri Note, termasuk opsi S Pen yang dijual terpisah, dan S Pen Pro dengan koneksi Bluetooth yang bakal tersedia nanti.

Selain dua S Pen itu, Galaxy S21 Ultra 5G juga mendukung penggunaan S Pen dari seri Note dan Tab sebelumnya, termasuk stylus buatan pihak ketiga seperti Hi-uni Digital, Staedtler Noris Digital, Wacom One Pen, dan Lamy Al-star black EMR.

2. Exynos 2100

System on a chip (SoC) 5nm Exynos 2100 menggunakan kombinasi beberapa core, seperti ARM Cortex-X1, Cortex-A78, dan Cortex-A55, yang seharusnya bisa bersaing dengan SoC flagship lain seperti Snapdragon 888.

Kemampuan dari SoC inilah yang membuat Galaxy S21 Ultra 5G bisa menampilkan refresh rate 120Hz di resolusi QHD+ atau 3200 x 1400 pixel. Termasuk memainkan game berat dengan lancar, bahkan di resolusi layar yang lebih tinggi dari kebanyakan ponsel lain tersebut.

3. UWB

UWB, kependekan dari Ultra-Wideband, adalah teknologi yang sejak lama digadang-gadang Samsung, dan kini tersedia di Galaxy S21 Ultra 5G. Lewat teknologi ini, pengguna bisa mendeteksi lokasi perangkat lain yang mendukung UWB secara presisi, dan juga bisa dipakai untuk mengirimkan file.

Teknologi ini juga yang membuat perangkat seperti SmartTag Pro bisa berfungsi. Ke depannya pun Galaxy S21 Ultra 5G bisa berfungsi sebagai 'kunci digital' untuk mobil yang dilengkapi teknologi ini. Pabrikan seperti Audi, BMW, dan Ford sudah bekerja sama dengan Samsung untuk menawarkan fungsi ini di mobil buatannya.



Simak Video "Hands-on Galaxy S21 Ultra Harga Rp 22 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)