Samsung Pamerkan Kamera Bawah Layar, tapi Bukan untuk Ponsel

Samsung Pamerkan Kamera Bawah Layar, tapi Bukan untuk Ponsel

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 17 Jan 2021 09:45 WIB
kamera bawah layar Samsung
Samsung Pamerkan Kamera Bawah Layar Tapi Bukan untuk Ponsel Foto: Screenshot/detikINET
Jakarta -

Samsung Display baru saja mengunggah teaser untuk teknologi kamera bawah layar yang mereka kembangkan. Tapi desain yang diberi nama Samsung Blade Bezel ini tidak diuji coba untuk ponsel buatan Samsung, melainkan untuk laptop.

Dalam video yang diunggah di Weibo, Samsung menggunakan teknologi Under Panel Camera (UPC) di panel OLED untuk laptop. Teknologi ini menjanjikan bezel laptop yang jauh lebih kecil tanpa memindahkan posisi webcam.

Tidak hanya itu, teknologi ini juga bisa membuat panel OLED yang digunakan menjadi lebih tipis dan ringan, dengan ketebalan hanya 1mm dan berat 130 gram, seperti dikutip dari Gizmochina, Sabtu (16/1/2021).

Dalam video tersebut, Samsung tidak menyebutkan bagaimana kualitas gambar yang diambil menggunakan webcam ini. Saat ini baru ada satu ponsel yang menggunakan teknologi kamera selfie bawah layar yaitu ZTE Axon 20 5G, tapi kualitas foto yang diambil tidak memuaskan.

Sama seperti teknologi kamera selfie di ponsel, vendor laptop memang terus berinovasi dengan penempatan posisi webcam agar bisa menyajikan layar yang lebih lapang dan bezel yang lebih tipis.

Seperti Huawei MateBook X Pro yang memiliki bezel tipis berkat webcam yang ditanam di keyboard. Tapi posisi ini membuat webcam mengarah ke wajah dari sudut yang sangat rendah, padahal idealnya webcam ditempatkan sejajar dengan mata.

Dell XPS 13 juga memiliki bezel yang sangat kecil tapi masih muat untuk ditempati webcam. Tapi kualitas gambarnya tidak begitu bagus.

Samsung belum mengungkap detail lebih lanjut tentang teknologi baru ini. Jadi belum diketahui laptop apa yang akan menggunakan laptop dengan desain Blade Bezel dan kapan akan diluncurkan.

Tapi kemungkinan Samsung akan mengenalkan teknologi baru ini di ponsel dalam waktu dekat. Rumor yang beredar menyebutkan ponsel layar lipat Galaxy Z Fold 3 akan menjadi ponsel pertama dari Samsung yang mengusung kamera bawah layar.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/asj)