Samsung Galaxy Smart Tag Resmi Meluncur, Bisa Cari Barang yang Hilang

Samsung Galaxy Smart Tag Resmi Meluncur, Bisa Cari Barang yang Hilang

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 15 Jan 2021 19:45 WIB
Samsung Galaxy Smart Tag
Samsung Galaxy Smart Tag Resmi Meluncur, Bisa Cari Barang yang Hilang Foto: Samsung
Jakarta -

Selain Galaxy S21 dan Galaxy Buds Pro, Samsung juga meluncurkan gadget kecil bernama Galaxy Smart Tag. Gadget mungil ini berfungsi sebagai tracker atau pencari barang yang hilang.

Galaxy Smart Tag bisa mencari barang yang hilang berkat Bluetooth Low Energy (BLE) yang digunakan. Gadget ini bisa dikaitkan dengan barang apa saja, mulai dari kunci mobil, dompet, tas dan koper, sampai kalung binatang peliharaan.

Galaxy Smart Tag terhubung dengan ponsel Samsung lewat aplikasi SmartThings yang bisa menunjukkan lokasi terakhirnya lewat peta. Saat mencari barang yang hilang, aplikasi SmartThings akan menunjukkan indikator jarak tergantung pada kekuatan sinyal BLE, seperti dikutip dari GSM Arena, Jumat (15/1/2021).

Smart Tag juga bisa mengeluarkan suara dengan sekali menekan tombol di aplikasi SmartThings. Tracker ini memiliki jangkauan hingga 120m.

Gadget ini juga bisa digunakan untuk mencari ponsel yang hilang, caranya dengan menekan tombol yang ada di Smart Tag dua kali untuk mendapatkan alert untuk mencari ponsel yang hilang.

Samsung Galaxy Smart TagSamsung Galaxy Smart Tag Foto: Samsung

Fungsi Galaxy Smart Tag juga bisa dikustomisasi untuk mengontrol perangkat IoT, jadi bisa digunakan untuk menyalakan atau mematikan perangkat Samsung seperti TV, vacuum cleaner dan peralatan rumah lainnya. Dengan sertifikasi IP53, perangkat ini tahan air dan debu.

Samsung mengatakan Galaxy Smart Tag hanya bisa dipasangkan dengan perangkat Galaxy yang menjalankan Android 10 ke atas. Artinya pengguna Android dari merek lain atau iPhone tidak bisa menggunakan perangkat ini.

Galaxy Smart Tag baru akan tersedia pada 29 Januari mendatang. Perangkat ini dijual di Indonesia dengan harga Rp 399.000 dan juga ditawarkan dalam paket berisi dua unit yang harganya belum diumumkan.

Samsung juga akan meluncurkan Smart Tag+ dalam waktu dekat dengan harga USD 39,99 (Rp 561 ribuan). Bedanya dengan edisi standar, Smart Tag+ menggunakan Ultra Wideband (UWB) yang bisa membantu objek menemukan satu sama lain di ruang yang sama, sehingga bisa mendapatkan data yang lebih akurat dibandingkan koneksi BLE.



Simak Video "Kiat Buat Konten Menarik di Samsung Content Creator Class"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)