Luft Duo, Air Purifier Portable Lumpuhkan Corona di Udara

CES 2021

Luft Duo, Air Purifier Portable Lumpuhkan Corona di Udara

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 12 Jan 2021 20:50 WIB
Luft Duo
Luft Duo (Foto: Luftqi)
Jakarta -

Setelah mengumpulkan crowdfunding 20 kali lipat dari target, Luft Duo memulai debut globalnya lewat CES 2021. Produk air purifier portabe ini diklaim mampu melumpuhkan virus Corona di udara.

Luft Duo dikembangkan oleh perusahaan elektronik asal Taiwan bernama Luftqi. Bentuknya yang begitu portable membuat Luft Duo bisa dibawa ke manapun, bisa di rumah, kantor, kafe bahkan pesawat terbang.

Tidak seperti perangkat purifier konvensional, Luft Duo tidak memerlukan penggantian filter yang mahal. Sebab di dalamnya terpasang UVA LED dan teknologi fotokatalitik.

Teknologi fotokatalitik ini mampu menguraikan polutan yang terlalu kecil bagi filter HEPA, yang mana ukurannya 0,00001 mm. Karenanya Luft Duo mampu menghilangkan debu, serbuk sari, jamur dan patogen hingga molekul di udara, sehingga disebut-sebut cocok digunakan bagi mereka yang memiliki alergi dan asma.

Luft Duo. Foto: IndiGoGo

Luft Duo punya filter yang bisa dicuci dan digunakan kembali. Soal virus Corona, pihak Luftqi telah diuji di sejumlah laboratorium pihak ketiga, termasuk Anti- Coronaviral Viral Activity Test di Chung Yuan Christian University, Taiwan.

Luftqi mendapati bahwa Coronavirus tidak dapat bertahan di udara selama lebih dari satu jam ketika ketika Luft Duo digunakan. Padahal ketika airborne virus ini mampu bertahan hingga 21 jam biasanya.

"Dengan menghadirkan teknologi ini ke dalam bentuk portabel, pengguna dapat memastikan udara di sekitar mereka bersih dan aman setiap saat. Tidak seperti pembersih stasioner tradisional yang mungkin tidak cukup kuat untuk menghancurkan semua polutan di setiap ruangan rumah," kata pihak Luftqi dalam keterangan resmi yang diterima detikINET, Selasa (12/1/2021).

Luft Duo saat ini dipasarkan Taiwan, South Korea Selatan, dan Japan lewat IndieGoGo. Harganya sendiri USD 149 atau kisaran Rp 2 jutaan.



Simak Video "Cegah Penularan Corona, GoCar Pasang Air Purifier"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)