HP yang Meluncur Tahun 2021 Bakal Lebih Cepat Saat Ngecas

HP yang Meluncur Tahun 2021 Bakal Lebih Cepat Saat Ngecas

Aisyah Kamaliah - detikInet
Kamis, 07 Jan 2021 22:35 WIB
Ilustrasi Ponsel, Ilustrasi Smartphone, Ilustrasi charge
Ilustrasi charge HP. Foto: Photo by Andreas Haslinger on Unsplash
Jakarta -

Kemajuan teknologi dalam pengisian daya super cepat untuk smartphone sangat mencengangkan. Prediksi di 2021, akan makin banyak perangkat yang sanggup 100W Fast Charging.

Tahun lalu, beberapa OEM datang dengan beberapa pengisian daya sangat cepat yang dapat menyediakan daya hingga 100W, sehingga secara dramatis mengurangi waktu pengisian menjadi beberapa menit. Samsung merilis sepasang pengontrol pengiriman daya (PD) Type-C baru yang dapat menawarkan daya pengisian hingga 100 watt (20V/5A).

Pembuat smartphone China Xiaomi juga menjadi headline masuknya ke arena pengisian daya super cepat dengan Mi Charge Turbo, setara dengan model pengisian cepat Samsung, pada daya pengisian 100W. Ini merupakan indikasi ke mana arah persaingan di segmen smartphone mengarah.

Sebuah laporan baru yang diperoleh dari proyek Digitimes bahwa kemungkinan kita bakal melihat revolusi yang meluas dalam adopsi teknologi supercharging di seluruh dunia tahun ini. Pembuat Chip Epistar, Unikorn Semiconductor diharapkan dapat memperpanjang produksi chip GaN-on-Si untuk perangkat pengisian cepat dari chip 65W menjadi 100W dari kuartal ketiga tahun ini, menurut Lee Biing-jye, ketua Epistar.

Jelas, keputusan Unikom didasarkan pada permintaan yang terus meningkat untuk chip GaN-on-Si dan persepsi tentang arah pasar di masa depan. Lee Biing-jye memperkirakan bahwa lebih banyak perangkat akan mendukung pengisian cepat 100W pada tahun 2021.

Laporan itu tidak menyebutkan tentang kemungkinan siapa saja pemain yang mungkin memiliki rencana untuk mengadopsi pengisian daya super cepat. Tentunya, Samsung merupakan salah satu produsen yang mendukung konsep adaptor tunggal yang dapat melayani banyak perangkat dalam hitungan menit. Dan baru-baru ini, Xiaomi memamerkan pengisi daya cepat 100W yang mengisi penuh baterai 4.000 mAh di bawah 17 menit.

Karena itu, prediksi adanya tren perangkat dengan pengisian daya super cepat 100W di 2021 adalah hal yang sangat memungkinkan. Demikian dilansir Gizmochina, Kamis (7/1/2021).



Simak Video "Realme Bakal Sematkan Pengisian Daya 125W di Semua Segmen Ponselnya"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)