TV Baru LG Pakai Teknologi QNED, Apa Bedanya dengan OLED?

ADVERTISEMENT

TV Baru LG Pakai Teknologi QNED, Apa Bedanya dengan OLED?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Selasa, 29 Des 2020 22:10 WIB
TV LG QNED
Foto: Dok. LG
Jakarta -

LG memamerkan teknologi yang bakal dipakai di TV mereka keluaran 2021 mendatang, yaitu teknologi bernama QNED.

TV QNED ini adalah TV yang menggunakan teknologi Mini LED, dan bakal dipakai di jajaran TV LCD premium 8k serta 4K LG keluaran 2021, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (29/12/2020).

Menurut LG, Mini LED bisa memberikan loncatan besar dalam kualitas gambar di TV LCD. Pasalnya, TV LCD terbaik saat ini menggunakan teknologi bernama full array local dimming, di mana LED berfungsi sebagai penerang yang lokasinya di belakang layar.

Dengan Mini LED, ada ribuan LED yang ada di belakang panel layarnya, dan bisa dikontrol berdasarkan zona. Tiap zona itu bisa dimatikan, menyesuaikan dengan gambar yang ditampilkan layar, gelap atau terang.

Dengan begitu, tingkat kegelapan dan kontras TV bisa meningkat, karena gambar gelap benar-benar bisa tampil gelap. Bukan layar berwarna hitam namun tetap mendapat sinar dari LED yang ada di belakangnya.

Khusus untuk TV buatan LG ini, mereka mengklaim menggunakan hampir 30 ribu LED kecil dengan tingkat kecerahan sangat tinggi serta rasio kontras mencapai 1.000.000:1, dan digabungkan dengan 2500 zona penerangan.

Hasilnya adalah TV dengan kontras yang lebih baik, dynamic HDR yang lebih bagus, serta akurasi warna yang meningkat dibanding TV LCD biasa. Oh ya, seperti kebanyakan TV jagoan LG keluaran 2020, TV baru ini juga mendukung refresh rate hingga 120Hz.

Sementara soal penamaan QNED, huruf Q di sini mengacu pada warna quantum dot, dan N kemungkinan mengacu pada branding NanoCell milik LG. Namun yang jelas nantinya konsumen akan dihadapkan pada istilah seperti OLED, QLED, dan QNED saat mereka akan membeli TV.

Meski punya lini QNED, LG tetap menyebut bahwa panel OLED adalah panel dengan kualitas gambar yang paling bagus. Karena memang tiap pixel di panel ini bisa menghasilkan cahayanya sendiri, jadi tak perlu bergantung pada LED untuk menerangi dari belakang panel gambar.



Simak Video "Nokia Rilis Feature Phone 5710 XPressAudio, Ini Spesifikasinya "
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT