OPPO Pamer Konsep Desain Ponsel Layar Geser yang Nyaman Digenggam

OPPO Pamer Konsep Desain Ponsel Layar Geser yang Nyaman Digenggam

Yudistira Imandiar - detikInet
Kamis, 17 Des 2020 07:07 WIB
OPPO x Nendo
Foto: Dok. OPPO Indonesia
Jakarta -

OPPO menampilkan beberapa konsep desain teknologi baru di China International Industrial Design Expo (CIIDE) edisi keempat. Desain konseptual tersebut dibuat bekerja sama dengan studio desain Jepang terkemuka, nendo, yang didirikan oleh Oki Sato.

OPPO dan nendo mengeksplorasi kemungkinan desain peralatan teknologi di masa depan. Konsep yang ditampilkan dalam pagelaran tersebut, di antaranya 'slide-phone' dan 'music-link'.

Ide ponsel geser tercetus dari hasil temuan OPPO dan nendo, yakni pengguna smartphone semakin mengandalkan smartphone mereka untuk berinteraksi dengan dunia di sekitar mereka. Oleh sebab itu, agar lebih fungsional smartphone dibuat dengan ukuran yang semakin besar. Konsekuensinya, smartphone menjadi tidak nyaman digenggam.

Konsep ponsel geser menjadi jawaban akan ponsel dengan ukuran proporsional, tapi tetap fungsional. Ponsel geser dibuat dengan tiga layar lipat yang dipasang dengan engsel yang bisa dilipat ke arah yang sama. Desain tersebut memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk mengubah bentuk telepon sesuai kebutuhan. Dengan desain tersebut, pengguna dapat mengatur ukuran smartphone yang paling sesuai dengan aktivitas.

Desain konseptual OPPO dan nendo lainnya, yaitu 'music-link', yakni kumpulan perangkat yang dapat terkoneksi dengan sepasang earphone TWS. Meliputi jam tangan pintar, speaker AI, pengisi daya portabel, dan pengisi daya nirkabel.

OPPO x NendoDesain konseptual 'ponsel geser' dengan stylus Foto: Dok. OPPO

Semua perangkat dirancang dengan desain ramping, mengadopsi desain afinitas yang mencerminkan nilai estetika pengguna saat ini. Saat earphone TWS dan wadah pengisi daya portabel ditempatkan pada speaker AI, pengguna dapat memutar musik dengan mulus saat beralih dari headphone ke speaker.

"Saya terkesan dengan filosofi OPPO, yang lebih dari sekadar memanfaatkan teknologi terbaru dan mengejar hubungan yang nyaman antara orang-orang dan produk mereka melalui pendekatan desain yang berpusat pada manusia. Saya menantikan untuk melihat konsep baru dari tim OPPO serta melihat bagaimana mereka berhasil mencapai keseimbangan lebih lanjut antara teknologi dan keterlibatan emosional," kata CEO dan kepala desainer nendo Oki Sato.

Guna mencapai inovasi desain yang diinginkan, OPPO mendirikan pusat desain industri yang telah disertifikasi oleh The Fourth selection of National Industrial Design Center di China pada 22 November 2019. Desain produk OPPO telah diterima dengan baik dan diakui kualitasnya oleh industri.

Tahun ini, OPPO Find X dan Reno3 Pro memenangkan Good Design Awards 2020, sedangkan OPPO Find X2 Pro memenangkan Swan Award di China Mobile Phone Design Competition.

OPPO x NendoDesain konseptual 'ponsel geser' dapat dilipat ke dalam kondisi yang berbeda Foto: Dok. OPPO

"Desain nendo sangat selaras dengan filosofi manusia-sentris OPPO. OPPO bertujuan untuk menghadirkan pengalaman produk yang menyenangkan kepada pengguna dengan teknologi mutakhir dan desain estetika. Kemitraan ini dibangun di atas keyakinan bahwa, untuk menciptakan produk teknologi inovatif dengan tingkat kenyamanan yang tepat bagi pengguna, kita harus fokus pada 'manusia'. Ke depannya, kami akan menggandakan pendekatan ini dengan merekayasa produk dengan pengalaman yang lebih mulus dan ramah pengguna," sambung Desainer utama OPPO Industrial Design Xiao Bo.

Informasi produk OPPO bisa dilihat di sini.

(akn/ega)