Jadi Andalan Rebut Konsumen, Ini Fitur-fitur Populer OPPO Reno Series

Jadi Andalan Rebut Konsumen, Ini Fitur-fitur Populer OPPO Reno Series

Nurcholis Ma - detikInet
Minggu, 06 Des 2020 07:05 WIB
OPPO
Foto: OPPO
Jakarta -

OPPO Reno5 direncanakan meluncur di Indonesia awal tahun 2021 dan disebut sebagai suksesor varian sebelumnya, Reno4. OPPO Reno Series memang jadi salah satu lini andalan vendor asal China tersebut untuk merebut hati konsumen, termasuk pasar Indonesia.

Banyak faktor yang menjadi pertimbangan konsumen saat akan membeli perangkat smartphone. Selain dari spesifikasi, desain, dan komposisi kamera, fitur yang tersemat di smartphone juga menjadi salah satu penentu ketika konsumen akan menebusnya.

Seringkali fitur-fitur di smartphone hanya dianggap sebagai sebuah marketing gimmick semata untuk menarik calon konsumen, padahal hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ada beberapa produsen yang memang menggarap fitur smartphone menjadi sebuah kekuatan utama dan pembeda dengan perangkat lain yang beredar di pasaran.

OPPO dalam keterangan resminya, dikutip Minggu (6/12/2020), menyebut serius menggarap lini seri perangkat terpopulernya saat ini, yakni Reno Series. Hasilnya berbagai fitur yang dimiliki OPPO Reno Series mendapat respon positif dari penggunanya. Berikut rinciannya.

OPPO Reno 10x Zoom

OPPO Reno 10x Zoom merupakan perangkat Reno generasi pertama. Perangkat ini membawa fitur yang kala itu sangat ditunggu-tunggu oleh konsumen yaitu 10x Hybrid Zoom. Teknologi 10x Hybrid Zoom pertama kali diperkenalkan oleh OPPO pada perhelatan Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

Tidak membutuhkan waktu yang lama, tepat 4 bulan setelahnya, fitur ini mendarat dan digunakan pada perangkat OPPO Reno 10x Zoom. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dari jarak jauh dengan hasil yang sangat jernih dan tanpa noise meski dilakukan perbesaran hingga 10 kali.


Fitur ini bekerja dengan keberadaan sebuah lensa periskop, seperti yang terdapat pada kapal selam, yang diletakkan dengan menggunakan teknik khusus ke dalam bodi perangkat smartphone nan tipis.

OPPO Reno2

Pada Reno generasi kedua, OPPO mengubah sorotan fitur utama kepada kemampuan videografi. OPPO Reno2 diperkenalkan dengan kehadiran fitur Ultra Steady Video. Fitur baru ini memadukan Optical Image Stabilization (OIS) dan Electronic Image Stabilization (EIS) serta pengembangan perangkat lunak dari OPPO yang menyajikan pengambilan gambar video anti-guncangan.

Menariknya, OPPO pertama kalinya juga memperkenalkan aplikasi penyuntingan video terintegrasi SOLOOP. Lewat aplikasi ini pengguna dapat menyunting hasil rekaman video secara cepat dan hasilnya dapat dibagikan melalui media sosial.

OPPO Reno3

Di generasi ketiga Reno, OPPO kembali dengan pendekatan lain untuk menarik perhatian konsumen, yaitu melalui fitur pada kamera. Untuk pertama kalinya lagi, OPPO menyematkan 108MP Ultra Clear Image sebagai fitur unggulan pada perangkat ini.

Kamera OPPO Reno3 Series dapat menghasilkan resolusi besar hingga ukuran 9024 x 12032 pixel. OPPO pun membuktikan fitur ini dengan menempatkan hasil jepretan foto dari perangkat Reno3 pada sisi luar Gedung Veteran RI di Jakarta Selatan. Foto tersebut menampilkan persona OPPO, Cinta Laura dan Yoshi Sudarso yang dicetak dengan ukuran memanjang ke bawah 20 x 40 meter.


OPPO Reno4

Perangkat terbaru OPPO Reno4 hadir dengan fitur yang berkaitan erat dengan fotografi dan videografi. Di seri ini, OPPO juga hanya fokus pada satu fitur saja yakni AI Color Portrait. Dengan fitur yang populer di kalangan anak muda ini, OPPO Reno4 dapat melakukan sebuah penyuntingan gambar yang sangat sulit dilakukan oleh konsumen pemula

AI Color Portrait dapat membuat latar belakang gambar menjadi hitam-putih, sedangkan objek orang dalam foto akan tampil sesuai dengan warna aslinya. Uniknya, fitur ini dapat digunakan saat memotret atau merekam video.

Fitur video lainnya yang tak kalah menarik adalah AI Monochrome Video, yang secara prinsip dasar sama dengan fitur AI Color Potrait. Bedanya fitur ini dapat menghadirkan warna tertentu seperti merah, hijau atau biru untuk objek foto. Terakhir, OPPO juga membawa fitur AI Night Potrait untuk membantu pengguna menghasilkan foto potret memukau di malam hari.

OPPO mendulang kesuksesan dengan perangkat Reno4 yang diluncurkan secara resmi pada 6 Agustus 2020 yang lalu. Perangkat ini menjadi salah satu penyumbang terbesar untuk pangsa pasar smartphone OPPO di kuartal 3 tahun ini.

Hampir seluruh fitur populer yang tersemat di lini seri OPPO Reno mendapat sambutan baik di sisi konsumen, terutama kalangan anak muda. Berkaca pada hasil ini, OPPO menyebut akan terus mengembangkan fitur-fitur menarik yang disesuaikan dengan tren dan gaya hidup anak-anak muda.

Dari sejumlah rumor yang beredar, OPPO mulai menyiapkan keberadaan perangkat Reno generasi kelima, yaitu OPPO Reno5. Menurut perkiraan, perangkat ini akan membawa fitur-fitur yang masih berkutat pada optimalisasi kamera baik untuk keperluan fotografi maupun videografi. Selengkapnya cek di sini.

(mul/mpr)