Rekor! iPhone 12 Tercepat Masuk Indonesia dari Pendahulunya

Rekor! iPhone 12 Tercepat Masuk Indonesia dari Pendahulunya

Adi Fida Rahman - detikInet
Jumat, 04 Des 2020 19:10 WIB
iPhone 12 Pro
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Biasanya setelah diumumkan Apple, kita harus menunggu lama untuk iPhone mendarat di Tanah Air. Tapi makin ke sini jadwalnya semakin singkat dan iPhone 12 mencetak rekor tercepat masuk Indonesia dari pendahulunya.

Kisaran lima tahun lalu, iPhone baru mendarat di Tanah Air selang enam bulan setelah diluncurkan. Lalu mulai dua tahun silam, Apple mempercepat kehadiran ponselnya di Indonesia, jeda tiga bulan usai diumumkan.

Nah iPhone 12 ini hanya butuh dua bulan untuk tiba. Artinya tercepat dalam sejarah, ini diamini oleh Kumar, content creator K2 Gadgets.

"Rollout iPhone 12 ke Indonesia adalah yang tercepat dalam sejarah iPhone di Indonesia. Sebenarnya kalau mau dihitung dari iPhone 12 Mini dan 12 Pro Max gap-nya malah cuma sebulan. 2020 nggak melulu negatif, ada positifnya juga," kata Kumar saat dihubungi detikINET, Jumat (4/12/2020).

Menyinggung soal harga, Kumar menilai menarik kalau melihat perbandingan banderol resmi dengan bila mengimpor. Dirinya mengaku sempat membeli iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max dari Singapura, dengan ditambahkan biaya pengiriman dan pajak IMEI, total yang harus dikeluarkan lebih banyak ketimbang membeli versi resmi.

iPhone 12 seriesiPhone 12 series Foto: Sina Mobile

"Melihat harga Indonesia untuk tipe yang sama, selisihnya lebih murah signifikan. Artinya, nggak ada alasan lagi buat impor sendiri," kata Kumar.

"Mending beli resmi, ada garansi lokal loh, lebih mantap. Yang beli impor, istilahnya mereka bayar mahal untuk dapetin lebih dulu," tambahnya.

Terkait harga ini, detikINET sempat menghubungi Wisnu Kumoro untuk menanyakan pendapatnya. Harga iPhone 12 tidak mengagetkan bila bercermin pada harga iPhone 11 yang dirilis tahun lalu.

"Dan kalau berpikir lebih umum, kayaknya ini sedikit kemahalan mengingat teknologi yang ditawarkan. Apalagi kalau dibandingkan dengan flagship smartphone Android," ujar Wisnu.

"But, this is Apple. Apple always Think Different. Kayak mottonya mereka. Jadi ya, bebas saja lah mau dikasih harga berapa, fansnya akan tetap beli kok," tandasnya.



Simak Video "Peluncuran iPhone 12 Jadi Trending Topic di Twitter"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)